7 Hewan dengan Pendengaran Terbaik di Dunia, Kelelawar Bukan Juaranya! - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 14 September 2019

7 Hewan dengan Pendengaran Terbaik di Dunia, Kelelawar Bukan Juaranya!

1xinfo.net - Pendengaran adalah salah satu indra penting untuk kita berkomunikasi dan menghindari bahaya. Di luar manusia, ternyata ada banyak hewan dengan pendengaran yang luar biasa.

Baru-baru ini, peneliti dari University of Strathclyde, Glasgow menemukan bahwa ngengat lilin raksasa (Galleria mellonella) memiliki pendengaran ekstrem karena bisa mendengar suara hingga 300 ribu Hz. Manusia sendiri hanya bisa mendengar rentang suara 20-20 ribu Hz. Kemampuan ngengat ini bahkan melebihi kemampuan mendengar kelelawar yang luar biasa.

Selain kedua hewan tersebut, ada banyak lagi hewan-hewan dengan kemampuan mendengar yang luar biasa. Dilansir dari Hidden Hearing, berikut daftarnya!

1. Ngengat, hewan dengan pendengaran terbaik di dunia
Ternyata, pendengaran ngengat gak datang begitu saja. Mereka mendapatkan pendengaran luar bisa tersebut berkat hasil evolusi karena harus menghindari ancaman dari pemangsa utama mereka, yaitu kelelawar. Ngengat memiliki kemampuan untuk mendengar frekuensi yang lebih tinggi daripada kelelawar sehingga memungkinkan mereka untuk melarikan diri sebelum diserang.

2. Kelelawar, meski penglihatan buruk, pendengaran mereka luar biasa!
Kelelawar terkenal dengan kemampuan mendengar yang mereka miliki. Meski begitu, penglihatan mereka buruk, bahkan sebagian besar buta. Kelelawar menggunakan echolocation atau menggunakan suara untuk membantu mereka bernavigasi. Getaran suara tersebut akan memantul ke permukaan terdekat dan kembali pada mereka.

3. Burung hantu, selain pendengaran, mereka juga mengandalkan penglihatan tajam mereka
Sebagian besar spesies burung hantu memiliki telinga yang bengkok; satu ditempatkan sedikit di depan dan satu lagi lebih tinggi dari yang lain. Perbedaan dalam penempatan telinga ini memungkinkan mereka untuk menunjukkan mangsa kecil mereka di tempat yang gelap. Pendengaran survivalist ini membantu mereka berburu dalam gelap.

4. Gajah, memiliki pendengaran cemerlang antara 16-12 ribu Hz
Selain untuk mendengar, telinga besar gajah berguna untuk membantu mereka tetap tenang. Telinga yang besar dan tipis pun berguna untuk mengatur suhunya agar bisa tetap dingin.

5. Anjing, memiliki pendengaran yang sangat sensitif
Buat kamu yang punya peliharaan anjing, hal ini mungkin bisa kamu mengerti. Jangankan masuk rumah, sebelum membuka pintu saja anjingmu sudah tahu keberadaanmu. Gak heran saat kamu masuk rumah dia sudah menyambutmu dengan riang gembira.

6. Kucing, pendengarannya mengesankan dengan kisaran antara 45-64 ribu Hz
Jika telinga manusia terdiri dari tiga otot dan tiga tulang kecil, telinga kucing dikendalikan oleh tiga lusin otot dan bisa berputar 180 derajat. Itu sebabnya pendengaran kucing bisa sangat menakjubkan.

7. Kuda, memiliki pendengaran yang berfungsi untuk mendeteksi suara, menentukan asal suara, dan mengidentifikasi kapan perlu memperingatkan kawanannya
Pendengaran kuda berfungsi untuk memperingatkan kawanannya apabila ada bahaya potensial. Kuda juga menggunakan pendengarannya untuk mengomunikasikan suasana hati dan mengekspresikan perasaannya melalui wajah.

Itu tadi hewan-hewan dengan pendengaran yang menakjubkan. Jadi, jangan heran jika hewan-hewan tersebut berperilaku unik. Bisa jadi mereka mendengar suara yang gak bisa kamu dengar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad