7 Hewan dengan Jumlah Terbanyak di Dunia, Saking Banyaknya Bikin Ngeri - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 14 September 2019

7 Hewan dengan Jumlah Terbanyak di Dunia, Saking Banyaknya Bikin Ngeri

1xinfo.net - Ada banyak sekali hewan di dunia ini. Namun, pernah gak kamu memikirkan hewan apa yang paling banyak jumlahnya di dunia? Apakah kamu punya tebakan sendiri? Dilansir dari Britannica, berikut hewan dengan jumlah terbanyak di dunia.

1. Serangga: 1 juta spesies
Gak mengherankan kalau serangga jadi hewan dengan jumlah paling banyak di dunia. Secara global, serangga bisa berjumlah 10-100 ribu triliun! Mereka terdiri dari 10 ribu spesies.

Meski beberapa spesies dianggap sebagai hama, serangga seperti semut memiliki banyak manfaat bagi lingkungan. Mereka berguna untuk menyebarkan benih saat mencari makan.

2. Krustasea: 55 ribu spesies
Copepoda adalah krustasea atau organisme multisel terbanyak di dunia. Ada sebanyak 12 ribu spesies copepoda dalam semua ekosistem yang mereka huni. Ukuran mereka hanya beberapa milimeter saja.

Adapun, makanan mereka adalah organisme kecil, seperti bakteri dan ganggang. Sementara, mereka biasa jadi mangsa paus balin. Namun, sebagian dari spesies mereka pun bersifat parasit.

3. Ikan: 34 ribu spesies
Ikan laut dalam, seperti bristlemouths dan lightfishes adalah ikan yang paling banyak ada di planet ini. Jumlahnya sangat banyak, bahkan bisa dibilang sebagai vertebrata yang paling banyak jumlahnya. Ikan-ikan ini membentuk komponen kunci dari makanan laut.

4. Amfibi: 8 ribu spesies
Dari sekian banyak amfibi, katak memegang jumlah paling banyak. Adapun, ordo anura yang terdiri dari katak memiliki sebanyak 5,5 ribu spesies. Namun, amfibi di seluruh dunia terancam oleh adanya jamur chytrid yang mengancam seluruh populasi yang ada.

5. Reptil: 10 ribu spesies
Ada dugaan kadal vivipar yang mendiami sebagian besar Eropa dan Asia memegang jumlah reptil terbanyak di dunia. Ini berkat kemampuannya untuk berkembang biak di usia muda, bahkan di tempat yang dingin sekali pun.

6. Burung: 10 ribu spesies
Burung quelea dianggap sebagai spesies burung dengan jumlah paling banyak di bumi. Burung ini memiliki kemiripan dengan burung pipit. Mereka biasanya ada dalam kawanan besar yang bermigrasi untuk mencari makan.

Namun, di Afrika mereka dianggap sebagai hama karena merusak panen. Itu sebabnya, oleh penduduk setempat mereka dibasmi dengan cara menyemprotkan racun ke udara.

7. Mamalia: 5,4 ribu spesies
Dari sekian banyak spesies yang ada, manusia dianggap mamalia yang paling banyak di bumi. Pada 2011, jumlahnya mencapai 7 miliar. Adapun, hewan dengan jumlah yang mendekati jumlah manusia adalah tikus cokelat dan tikus rumah.

Itu tadi hewan dengan jumlah terbanyak di dunia. Untungnya, jumlah tersebut tersebar di seluruh dunia, ya. Bayangkan kalau ada di satu tempat, pasti sesak banget!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad