5 Wisata Air Terjun di Nganjuk, Pemandangannya Bikin Mata Sejuk - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Rabu, 25 September 2019

5 Wisata Air Terjun di Nganjuk, Pemandangannya Bikin Mata Sejuk

1xinfo.net - Kota Nganjuk dikenal dengan julukan kota Angin. Dengan wilayah yang terletak di dataran rendah dan pegunungan gunung Wilis, Kota Nganjuk memiliki wisata alam yang indah, salah satunya wisata alam air terjun dengan panoramanya yang memukau. Berikut lima wisata air terjun di Nganjuk, dijamin bikin mata kamu sejuk, ke sini yuk !

1. Air Terjun Singokromo
Air terjun dengan panorama alamnya yang indah dan masih belum diketahui banyak orang ini adalah air terjun Singokromo. Dalam bahasa Indonesia nama air terjun ini memiliki arti Singo berarti harimau dan kromo berarti kawin. Dinamakan dengan Singokromo, konon dulunya air terjun ini menjadi tempat berkumpul dan kawinnya harimau di lereng Gunung Wilis.

Air terjun Singokromo ini terletak di  desa Ngliman, Sawahan, Nganjuk. Air terjun Singokromo memiliki Debit air yang cukup besar dengan ketinggiannya sekitar 20 meter. Air Terjun Singokromo masih sangat alami. Di sekelilingnya banyak ditumbuhi pepohonan besar dan rimbun serta hawa sejuk pegunungan gunung Wilis membuat betah dan nyaman bagi pengunjung.

Keindahan panorama alam tidak hanya ada di lokasi air terjun, tetapi sepanjang perjalanan setapak menuju air terjun Singokromo juga tidak kalah indah dan mampu membuat decak kagum. Pepohonan hijau yang rimbun tumbuh di sisi kiri dan kanan jalan, pemandangan lembah dan perbukitan membentang hijau sedikit tertutup kabut putih, dan sejuknya hawa pegunungan gunung Wilis siap menemani perjalananmu menuju air terjun Singokromo.

2. Air Terjun Sumbermanik
Air terjun Sumber Manik ini disebut - sebut Niagaranya kota Nganjuk. Air terjun eksotis ini memiliki struktur menyelimuti bukit batu berbentuk membulat. aliran airnya yang jernih merambat di dinding tebing dan membentuk dua cabang dengan posisinya menghadap ke barat. Air terjun Sumber Manik memiliki ketinggian sekitar 35 meter, dengan lebarnya 20 meter.

Keelokan tidak hanya ada pada air terjunnya saja, lingkungan alam pegunungan gunung Wilis yang asri disekitar air terjun menambah nilai keindahan tempat ini. Pesonanya yang memukau air terjun Sumber Manik yang terletak di Desa Klodan Kecamatan Ngetos, Nganjuk ini tidak pernah sepi pengunjung.

Karena letaknya di pedalaman desa kaki gunung Wilis, akses jalanan menuju lokasi terbilang cukup ekstrem, pengunjung terlebih dahulu harus melewati wilayah perbukitan hutan pinus, lembah, sungai dan jurang, hingga parsawahan warga dengan jalan setapak, sehingga pengunjung harus ekstra berhati - hati agar tidak terjatuh.

3. Air Terjun Sri Gunting
Tersembunyi di balik rimbunnya hutan yang berlokasi di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Ngajuk, wisata air Terjun Sri Gunting tergolong masih sangat alami dan asri. Dikelilingi pepohonan hijau dan rimbun menjadikan pemandangan alam di air terjun Sri Gunting begitu menyejukkan ditambah hawa sejuknya udara pegunungan semakin menambah kenyamanan saat mengunjungi tempat wisata ini.

Air terjun Sri Gunting memiliki ketinggian 20 meter dengan debit air yang sedang. Strukturnya yang berbentuk bebatuan menjadikan air terjun ini begitu artistik dan fotogenik. Cocok untuk pengunjung yang gemar berburu foto alam cantik saat menjelajahi kota Nganjuk.

Lokasinya yang tersembunyi di dalam hutan dan belum mendapat pengelolaan lebih dari pemerintah, akses jalanan menuju lokasi terbilang masih sulit dijangkau karena harus melewati hutan semak belukar dengan jalanan setapak sepanjang 1 km. Di sini pengunjung harus ekstra berhati - hati, disarankan lebih baik ditemani warga sekitar agar tidak tersesat.

4. Air Terjun Gedangan
Air terjun Gedangan yang terletak di desa Sawahan, Ngliman, Nganjuk ini merupakan air terjun yang baru ditemukan. Pemandangan alamnya yang asri dengan hijaunya pepohonan, airnya yang jernih dan dingin mengalir cukup deras di atas bebatuan setinggi 15 meter membuat siapapun yang berkunjung ingin berendam menikmati segarnya air terjun Gedangan.

Untuk menjangkau air terjun Gedangan hanya bisa di akses menggunakan kendaraan roda dua. Setibanya di lokasi parkir, pengunjung harus menempuh jarak 50 meter dengan berjalan kaki.

5. Air Terjun Roro Kuning
Air terjun Roro Kuning yang berlokasi di lereng Gunung Wilis pada ketinggian 600 mdpl bagian Timur tepatnya di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Nganjuk ini merupakan icon objek wisata kota Nganjuk. Nama air terjun ini diambil dari nama putri raja Kadiri dan Dhoho yang saat itu berkuasa pada abad ke 11 sampai 12.

Tepat di bawah hutan pinus, air terjun Roro Kuning mengalir dari ketinggian 15 meter merambat di sela-sela bebatuan bersumber dari Gunung Wilis. Sejuknya pemandangan alam pegunungan dan Air yang dingin menyegarkan, membuat banyak orang ingin berenang atau berendam di bawah air terjun Roro Kuning.

Tidak hanya pesona alamnya yang memukau, Objek wisata air terjun Roro dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk pengunjung yang berkunjung seperti Outbond, camping ground, kolam renang, tempat peristirahatan, Joglo Wisata, aneka kuliner, panggung hiburan, dan penangkaran rusa. Tak heran jika setiap harinya air terjun Roro Kuning sangat ramai dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad