5 Penyebab Dinosaurus Bisa Punah dari Muka Bumi - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Jumat, 13 September 2019

5 Penyebab Dinosaurus Bisa Punah dari Muka Bumi

1xinfo.net - Kita semua sudah tahu bahwa dinosaurus merupakan hewan purba yang sudah punah. Dinosaurus pertama kali muncul diperkirakan sekitar 230 juta tahun yang lalu dan punah sekitar 65 juta tahun yang lalu. Pada masanya, dinosaurus pernah menguasai bumi karena populasi yang tersebar di seluruh belahan dunia.

Walaupun saat itu dinosaurus menguasai bumi karena populasinya yang banyak, tetapi mengapa dinosaurus bisa punah? Ada beberapa penyebab mengapa dinosaurus bisa punah dari muka bumi. Inilah penyebab kepunahan dinosaurus.

1. Perubahan iklim yang ekstrem saat itu
Dinosaurus merupakan makhluk hidup yang tidak pandai untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan termasuk perubahan iklim. Dinosaurus sangat bergantung kepada iklim yang hangat untuk bisa bertahan hidup.

Tetapi seiring berjalannya waktu, iklim di bumi mengalami perubahan menjadi lebih dingin dan permukaan air laut mengalami perubahan. Hewan mamalia dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di bumi sementara dinosaurus tidak bisa. Hal inilah yang menyebabkan populasi dinosaurus mengalami penurunan yang drastis.

2. Munculnya tumbuhan berbunga
Mungkin menurut kalian agak aneh mengapa tumbuhan berbunga dapat menjadi salah satu penyebab dinosaurus punah. Tapi seperti yang kita ketahui bahwa dinosaurus merupakan hewan yang tidak pandai beradaptasi dengan lingkungan.

Tidak pandainya dinosaurus dalam beradaptasi menyebabkan dinosaurus tidak peka terhadap rasa makanan dan bahaya dari tumbuhan berbunga yang beracun sehingga populasi dinosaurus menurun akibat mengonsumsi tumbuhan berbunga yang beracun.

3. Asteroid yang menghantam bumi
Selama ini kita sudah tahu kalau penyebab dinosaurus punah karena asteroid yang menghantam bumi. Penyebab ini sudah umum diketahui oleh kita semua. Tetapi faktanya sebelum asteroid jatuh ke bumi, populasi dinosaurus sudah mulai menurun.

Dinosaurus yang berada di sekitar lokasi jatuhnya asteroid pastinya akan langsung mati akibat hantaman asteroid. Sehingga jatuhnya asteroid memiliki pengaruh yang besar terhadap berkurangnya populasi dinosaurus secara drastis.

4. Letusan gunung berapi akibat hantaman asteroid
Selain menghantam dinosaurus secara langsung, jatuhnya asteroid berpengaruh terhadap terjadinya bencana yang besar di bumi. Hantaman asteroid ke bumi menyebabkan proses meletusnya gunung berapi menjadi lebih cepat.

Letusan gunung berapi yang dahsyat menyebabkan populasi dinosaurus semakin berkurang dan mulai di ambang kepunahan. Setelah asteroid menghantam bumi, dinosaurus sebenarnya masih belum punah sepenuhnya. Masih ada lagi penyebab mengapa dinosaurus bisa punah.

5. Gagalnya dinosaurus untuk bisa pulih akibat bencana besar
Setelah mengalami bencana besar, populasi dinosaurus sudah benar-benar sedikit dan di ambang kepunahan. Untuk dapat pulih dan bangkit setelah mengalami bencana merupakan hal yang sulit untuk dilakukan karena dinosaurus merupakan hewan yang tidak pandai beradaptasi.

Telur dinosaurus yang tersisa setelah bencana memerlukan waktu yang lama untuk menetas dan berkembang menjadi seekor dinosaurus dewasa. Lamanya proses inkubasi inilah yang menyebabkan dinosaurus rentan terhadap ancaman predator. Seiring berjalannya waktu, hal inilah yang menyebabkan dinosaurus akhirnya mengalami kepunahan dari muka bumi.

Ternyata penyebab dinosaurus bisa punah dari muka bumi tidak hanya disebabkan oleh jatuhnya asteroid saja. Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan dinosaurus menjadi punah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad