12 Singkatan Ini Gak Banyak yang Tahu Kepanjangannya - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Senin, 02 September 2019

12 Singkatan Ini Gak Banyak yang Tahu Kepanjangannya

1xinfo.net - Akronim atau lebih akrab disebut singkatan adalah cara untuk memudahkan dan mengingat kata-kata yang panjang. Terkadang kamu sering mendengar singkatan itu, namun gak tahu apa kepanjangannya.

Seperti singkatan-singkatan berikut ini, apa kamu yakin tahu kepanjangannya? Yuk, kalau mau tahu!

1. Elpiji (LPG) = Liquified Petroleum Gas
Yang jika diartikan secara harfian berarti "gas minyak bumi yang dicairkan". 

2. PIN = Personal Identification Number
Merupakan angka sandi rahasia antara pengguna dan sistem yang dapat digunakan untuk otentikasi pengguna ke sistem. Biasanya, pengguna diharuskan untuk memberikan identifikasi pengguna umum atau bukti dan PIN rahasia untuk mendapatkan akses ke sistem.

3. DAMRI = Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia
Dibentuk pada tanggal 25 November 1946 dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan penumpang dan barang di atas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor. 

4. INTERNET = Interconnected Network
Merupakan sebuah jaringan komputer berskala global yang berkembang pesat dan bermanfaat bagi berbagai macam kepentingan, mulai dari kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain.

5. IRIAN = Ikut Republik Indonesia Anti Netherland
1 Desember 1999, presiden Abdurrahman Wahid menyetujui tuntutan kaum separatis Papua untuk mengubah nama “Irian” menjadi “ Papua”. Alasan orang-orang yang menuntut itu, karena katanya “Irian” berkonotasi sangat Indonesia, karena itu adalah singkatan dari kalimat “Ikut Republik Indonesia Anti Nederland”.

Namun ternyata irian memiliki arti lain dalam bahasa Papua. Irian adalah nama yang diusulkan oleh seorang pejuang Papua, Frans Kaisiepo yang berarti “Sinar yang menghalau kabut” yang diambil dari bahasa salah satu suku di Irian.

6. VIP = Very Important Person
Dalam pengkelasan tamu disuatu acara, akrab dikenal sebutan VIP ataupun VVIP yang berarti "Orang Yang Sangat Penting". Biasanya tamu yang termasuk kategori ini akan mendapat perlakuan istimewa dan khusus.

7. ROBOT = Residents Official Board of Technology
Ternyata ROBOT juga adalah sebuah singkatan yang kepanjangannya adalah Residents Official Board of Technology atau sebuah teknologi mesin bergerak yang bisa diperintah.

8. LASER = Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation
Merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi.

9. KEPO = Knowing Every Particular Object
Singkatan yang satu ini akrab sekali nih dikalangan kaum muda. Mengarah untuk menunjukan sifat seseorang yang selalu ingin tahu urusan orang lain.

10. SINETRON = Sinema Elektronik
Emak-emak perlu tahu hal ini. Ternyata selama ini SINETRON adalah sebuah singkatan dari kalimat Sinema Elektronik.

11. TILANG = Bukti Pelanggaran
Tak banyak yang tahu kalau TILANG dalah sebuah singkatan dari kalimat "Bukti Pelanggaran Lalu Lintas Jalan Tertentu" namun karena terlalu panjang menjadi dikenal dengan "Bukti Pelanggaran" saja.

12. KIJANG = Kerjasama Indonesia Jepang
Nama KIJANG merupakan usulan dari bapak wakil presiden Jusuf Kalla saat beliau mengikuti gathering distributor utama Toyota dari seluruh Indonesia sekitar tahun 70-an lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad