10 Tanaman Unik di Dunia Ini Sudah Terancam Punah - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 15 September 2019

10 Tanaman Unik di Dunia Ini Sudah Terancam Punah

1xinfo.net - Tak terhitung betapa banyaknya spesies hewan yang telah punah selama beberapa abad terakhir. Seperti harimau Tasmania, Quagga, harimau Jawa, burung dodo dan lainnya. Namun, selama ini kita terlalu memusatkan perhatian pada hewan-hewan yang terancam punah. Sehingga, kita kurang memerhatikan bahwa tanaman juga bisa terancam punah!

Tanaman apa saja sih yang rentan punah? Apakah manusia turut andil dalam risiko kepunahan tersebut? Simak jawabannya di bawah ini!

1. Western Prairie Fringed Orchid
Mari berkenalan dengan tanaman satu ini. Berasal dari Amerika Utara, anggrek ini merupakan tanaman endemik langka yang dikategorikan terancam punah sejak 28 September 1989. Anggrek ini biasa ditemukan di padang rumput, rawa-rawa hingga parit di tepi jalan serta hanya bisa ditemukan di Amerika Serikat dan Kanada saja.

Anggrek dengan nama latin Platanthera leucophaea ini dikategorikan sebagai tanaman yang terancam punah. Penyebabnya adalah kehilangan habitat akibat konversi ke lahan pertanian. Selain itu, anggrek ini membutuhkan bantuan ngengat untuk penyerbukannya, tetapi serangga ini terancam oleh pestisida dan polutan.


2. Aster Georgia
Aster Georgia (Symphyotrichum georgianum) adalah spesies tanaman langka yang berasal dari Amerika Serikat bagian selatan. Aster ini bisa ditemukan di Alabama, Georgia, Florida, Carolina Utara dan Carolina Selatan. Bunga ini biasa tumbuh di hutan-hutan pinus dan memiliki kelopak bunga berwarna ungu tua.

Namun, Aster Georgia rentan terhadap ancaman, seperti kebakaran hutan, konversi lahan hutan menjadi lahan pertanian, pembangunan jalan hingga penggunaan herbisida. Berbagai upaya pun dilakukan oleh U.S Fish and Wildlife Service dan melibatkan unsur masyarakat guna mencegah tanaman ini punah.


3. Texas Wild Rice
Sepintas, tanaman ini terlihat biasa-biasa saja. Siapa yang menyangka kalau Texas Wild Rice (Zizania texana) terancam punah? Tanaman ini endemik Texas dan hanya bisa ditemukan di hulu sungai San Marcos di Hays County. Tanaman sejenis rerumputan ini tumbuh di air dengan ujung batang yang muncul di permukaan.

Spesies ini dulunya berlimpah pada tahun 1933 dan pada tahun 1967 dilaporkan jumlahnya menurun drastis. Ini karena habitatnya dibabat habis untuk pertanian dan industri. Selain itu, pengerukan dan perusakan sungai, pendangkalan sungai dan pembangunan menyebabkan tanaman ini terancam punah.


4. Rafflesia Arnoldii
Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini? Bunga bangkai yang memiliki nama latin Rafflesia arnoldii ini bisa ditemukan di hutan hujan tropis di Sumatra dan Kalimantan. Bisa dibilang, Rafflesia arnoldii merupakan bunga terbesar di dunia dengan kelopak bunga sebesar 90-105 cm dan berat hingga 6,8 kg.

Bersama dengan anggrek bulan dan bunga melati, Rafflesia arnoldii dinobatkan menjadi bunga nasional Indonesia. Namun, sangat disayangkan karena bunga bangkai ini menghadapi ancaman kepunahan serius akibat pembakaran hutan, pembukaan lahan dan perburuan liar. Konon, tunasnya bisa dipakai untuk obat dan menjadikan jumlahnya semakin berkurang dari waktu ke waktu. 

5. Titan Arum
Bukan hanya Rafflesia arnoldii, titan arum (Amorphophallus titanium) juga merupakan tanaman yang terancam punah. Titan arum merupakan spesies endemik yang bisa ditemukan di hutan hujan pulau Sumatra. Karena baunya yang menyengat, titan arum disebut sebagai bunga bangkai.

Bunga ini rata-rata tumbuh dengan tinggi 3 meter, namun bisa tumbuh hingga 6 meter. Bunganya biasa mekar pada malam hari dan bertahan hingga 24-36 jam saja, terang laman Chicago Botanic Garden. Titan arum dikategorikan terancam punah karena perusakan habitat hutan hujan tempat mereka tumbuh. Sedih ya?

6. Thelypodium howellii
Masih ada lagi spesies tanaman yang terancam punah, yaitu Thelypodium howellii. Ini merupakan tanaman endemik langka asli Amerika Serikat yang tersebar di tiga negara bagian, yakni Oregon, Nevada dan California. Tanaman ini memiliki ciri khas batang yang ramping dengan bunga yang berwarna ungu cerah.

Tanaman ini memiliki kategori G2 dan termasuk terancam punah. Alasannya tak jauh berbeda dari kebanyakan tanaman lain, seperti habitat asli yang dikonversi menjadi lahan pertanian, persaingan dengan gulma invasif dan perubahan hidrologi yang menyebabkan Thelypodium howellii terancam punah.

7. Arizona Agave
Arizona Agave ditetapkan sebagai tanaman yang terancam punah sejak 18 Mei 1984. Ini merupakan sejenis tanaman sukulen yang pipih, daun yang runcing serta memiliki tinggi rata-rata 30 cm. Arizona Agave memiliki bunga yang menjulang tinggi, bergerombol dan berwarna kuning cerah.

Alasan mengapa Arizona Agave terancam punah adalah orang-orang yang mengumpulkannya sebagai koleksi pribadi, sehingga tinggal tersisa sedikit di habitat aslinya. Untuk melindunginya, diciptakanlah Undang-Undang Federal yang melarang pemindahan dan perusakan tanaman ini.

8. Solanum Ensifolium
Solanum ensifolium merupakan tanaman endemik di Puerto Rico yang terancam punah. Di tahun 1992, hanya ada sekitar 150 tanaman yang tersisa. Tanaman ini dikenal dengan nama lain Erubia dan terancam punah akibat hilangnya habitat di alam liar. 

Selain diakibatkan oleh ulah manusia yang tak bertanggung jawab, Solanum ensifolium juga terancam rusak akibat ulah hewan. Oleh IUCN Red List, tanaman ini dikategorikan sebagai Critically Endangered Species.

9. Ouachita Mountain Goldenrod
Spesies tanaman Ouachita Mountain Goldenrod (Solidago ouachitensis) ini dianggap sebagai tanaman sisa zaman es terakhir. Total populasinya belum diketahui secara pasti, namun tanaman ini dikategorikan terancam punah. Tanaman ini hanya bisa ditemukan di Pegunungan Ouachita di sepanjang perbatasan Arkansas dan Oklahoma, AS.

Oleh Nature Serve, Ouachita Mountain Goldenrod ini dikategorikan sebagai spesies yang rentan punah dengan status G3. Ini karena persebarannya yang terbatas di Pegunungan Ouachita saja. Jangan khawatir, spesies tanaman ini dilindungi oleh peraturan dari Arkansas State Park dan dilakukan upaya untuk menjaganya dari kepunahan.

10. Stenogyne Kanehoana
Terakhir, spesies tanaman yang terancam punah adalah Stenogyne kanehoana. Ini adalah spesies tanaman berbunga langka yang merupakan endemik dari pulau Oahu, Hawaii. Tanaman ini dikhawatirkan punah ketika spesies terakhir diketahui mati pada tahun 1996 silam. Beberapa tanaman lain ditemukan setelahnya dan akhirnya mati juga.

Oleh IUCN Red List, Stenogyne kanehoana dikategorikan sebagai Critically Endangered (terancam punah). Telah dilakukan upaya konservasi untuk mencegah kepunahan, meski para peneliti mengatakan ada kemungkinan tanaman ini telah punah di habitat aslinya.

Nah, itulah 10 spesies tanaman yang terancam punah yang perlu kamu ketahui. Mari jaga alam baik-baik, karena nantinya alam akan menjaga kita!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad