Ada Pohon Bonsai Seharga Rp1 Miliar - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Kamis, 29 Agustus 2019

Ada Pohon Bonsai Seharga Rp1 Miliar

1xinfo.net - Rumah Pohon Indonesia (RUBI) gelar festival bonsai di Taman Surya, Kota Surabaya, selama delapan hari dari tanggal 25-2 Desember 2018. Pengunjung bisa melihat berbagai macam jenis bonsai ketika berkunjung ke festival itu.


1. Inisiatif hadirnya festival pohon bonsai Surabaya
Heri (Gimbal) selaku Ketua Panitia dan Sekertaris Komunitas RUBI ini mengungkapkan alasannya gelar pameran festival bonsai di Kota Surabaya. Menurutnya, RUBI sengaja gelar festival itu di Surabaya karena untuk menunjukkan kepada masyarakat perkotaan soal tanaman bonsai. 

"Agar para birokrat dan masyarakat ada kepekaan dengan pelayanan di seni. Selain itu, mendorong pembonsai bonsai diberikan kesempatan oleh pemerintah sama seperti anggrek yang sekarang juga sudah maju.memandang kenapa memilih Kota Surabaya, karena Bu Risma (Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini) sendiri juga suka terhadap tanaman," ungkapnya.

2. Bonsai Termahal mencapai Rp1 miliar
Tidak tanggung tanggung pohon Bonsai yang dipamerkan dalam Festival Bonsai ini juga mencapai nilai harga tertinggi hingga Rp1 miliar. Bonsai seharga Rp1 miliar itu milik seorang penggemar bonsai di Jakarta. Bonsai itu dipamerkan di dekat air mancur Taman Surya.

3. Tips para pemula yang ingin menanam pohon Bonsai
Dalam percakapannya Heri juga menambahkan Bagaimana para pemula yang ingin memulai untuk menanam pohon Bonsai " kalau bonsai jangan berfikir harga dulu, harus memulai tahapan tahapan yang harus dipenuhi, Bonsai itu miniatur dari pohon alam, kita membuat itu sesuai kepentingan estetika. Jadi membentuk bonsai ya seindah mungkin. Karena yang paling mahal belum tentu juara.  Yang membuat mahal bonsai sendiri dari sudur besar, usia, perspektif dan dimensi keruangan," lanjutnya.

4. Berharap menjadi festival tahunan Kota Surabaya
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, kata Heri, sudah meminta kepada RUBI sebagai ajang festival tahunan. "Karena ternyata Bonsai tidak hanya sekedar menikmati juga ada mata rantai panjang yang banyak melibatkan  kepentingan ekonomi dari pembibitan perawatan pendongkelan ,pengepul, semuanya terlibat hingga menjadi bonsai matang," ujarnya. 

5. Harapan besar komunitas RUBI
Dengan dijadikannya festival bonsai sebagai festival tahunan, Heri berharap pemerintah turut memberikan perhatian kepada pohon bonsai yang sangat memiliki nilai tinggi. 

"Bonsai berasal dari berbagai negara, untuk pohon tropis variasi spesiesnya itu jauh lebih banyak dari pada negara negara sub tropis kalau kita konsen serius pemerintah membantu kita tidak hanya bermimpi kalau jadi nomor satu di Indonesia. Saat ini posisi bonsai terbaik kita menduduki 4 besar di dunia yang pertama Cina, kedua Jepang, ketiga Thailand, dan keempat Indonesia" ucapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad