5 Tempat Terbaik Melihat Hiu Paus di Dunia, Indonesia Salah Satunya! - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Jumat, 16 Agustus 2019

5 Tempat Terbaik Melihat Hiu Paus di Dunia, Indonesia Salah Satunya!

1xinfo.net - Hiu Paus atau Rhincodon Typus dianggap sebagai ikan terbesar di dunia. Para ilmuwan juga menganggap hiu paus sebagai salah satu vertebrata terbesar yang bukan mamalia.

Menurut Guinness Book of Animal Facts and Feats, hiu paus terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang 41,5 kaki dan beratnya hampir 47.000 pound. Hewan ini biasanya hidup baik di perairan tropis yang suhunya lebih tinggi dari 70 derajat fahrenheit. 

Ada beberapa tempat di dunia yang dapat kamu kunjungi untuk melihat hiu paus ini. Salah satunya negara kita memiliki spot terbaik untuk melihat hewan besar ini. Berikut beberapa tempat hiu paus yang dapat kamu kunjungi. 

1. Pantai Timur Afrika
Negara-negara lepas pantai timur Afrika seperti Kenya, Mozambik, Djibouti, dan Tanzani merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat hiu paus. Di Mozambik, hiu paus bisa terlihat pada bulan November hingga Februari.

Taman Laut Nasional Kepulauan Bazaruto menawarkan lokasi terbaik untuk pengunjung melihat hiu paus saat mereka makan. Selain itu, ada pula tempat lain seperti pantai Tofo yang dihuni beberapa hiu paus.

Beberapa pusat penyelaman didirikan untuk melayani pengunjung yang mau berenang bersama ikan hiu paus. Hiu paus mengunjungi perairan Djibouti untuk memakan plankton di sekitar Laut Merah.

Untuk kamu yang menyukai Madagaskar, di sana pun ada pusat penyelaman bersama hiu paus tepatnya di Pulau Nosy Be.


2. Honduras
Honduras adalah tempat lain yang dapat kamu kunjungi untuk melihat hiu paus terutama Pulau Utila. Keunikan dari pulau ini karena hiu paus dapat kamu lihat sepanjang tahun. Hiu paus biasanya berkumpul di dekat tepi utara pulau dan tinggal di perairan yang dalam.

Pusat Penelitian Hiu Paus dan Oseanik terletak di Utila karena keberadaan hewan ini tetap. Pusat ini berkontribusi dalam mempelajari hiu paus di dunia. Selain Utila, hiu paus sering terlihat di lepas pantai Pulau Roatan di Karibia. 


3. Ningaloo Reef, Australia
Taman Nasional Ningaloo, Australia didirikan untuk melestarikan ekosistem laut di wilayah tersebut. Hiu paus sering terlihat muncul disana, khususnya di Ningaloo Reef yang merupakan tempat terbaik penyelaman untuk berenang bersama ikan paus. Airnya yang sangat jernih membuat hiu paus bisa hidup baik di sana.

Taman Nasional Ningaloo terdaftar sebagai situs warisan dunia karena memerankan peran penting dalam melestarikan ekosistem laut. Hiu paus juga dapat terlihat di sekitar perairan Australia setiap bulan Maret hingga Juli karena peluang makanan yang disediakan karang. 


4. Pulau Holbox dan Pulau Mujeres, Meksiko
Beberapa tempat di Meksiko seperti Pulau Holbox dan Pulau Mujeres merupakan salah satu tempat terbaik hiu paus di dunia. Meksiko adalah salah satu tujuan utama untuk melihat hiu paus di alam liar.

Perairan di sekitar ini sangat cocok untuk habitat hiu paus karena suhunya yang hangat dan berlimpahnya plankton. Hiu paus akan mendatangi tempat yang dihuni plankton sebagai makanan mereka.

Waktu yang tepat untuk melihat hiu paus di Meksiko adalah dari Juni hingga September. Kamu harus mengunjunginya jika ingin melihat hiu paus. 


5. Teluk Cendrawasih dan Gorontalo
Kita patut berbangga karena Indonesia masih memiliki tempat habitat hiu paus yang masih dilestarikan. Karena letak geografis Indonesia yang unik, hiu paus dapat dilihat di sekitar Teluk Cendrawasih dan Gorontalo. Teluk Cendrawasih disebut sebagai taman laut paling luas. Ini dijadikan tempat terbaik para ilmuwan untuk meneliti hiu paus.

Selain itu, hiu paus sering muncul di Desa Kwantisore dan Desa Botubarani di Gorontalo. Desa Botubarani dianggap wilayah paling mudah untuk menemukan hiu paus yang menarik para wisatawan. Hiu paus dapat kamu temukan di bulan Desember hingga April. Kamu harus kunjungi tempat terbaik di Indonesia ini. 

Habitat hiu paus harus kita jaga agar hewan yang besar ini tidak mengalami kepunahan. Lingkungan yang asri dan perairan yang bersih dapat menunjang hidup dari hiu paus. Kamu berani mengunjungi tempat-tempat ini? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad