5 Fakta Paus Kepala Kotak, Hewan dengan Otak Terbesar di Bumi - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Jumat, 16 Agustus 2019

5 Fakta Paus Kepala Kotak, Hewan dengan Otak Terbesar di Bumi

1xinfo.net - Paus kepala kotak adalah salah satu spesies dari paus yang mulai menurun drastis keberadaannya. Paus ini dikenal pula dengan sebutan sperm whale karena di atas kepala kotak mereka terdapat cairan putih misterius yang bernama spermaceti. Para ilmuwan pada awalnya mengira itu adalah cairan sperma mereka namun belum bisa memastikan kebenarannya, sementara spermaceti dianggap sebagai bantuan penyeimbang tubuh paus ketika mereka menyelam ke lautan dalam.

Berbeda dengan para kerabatnya seperti paus biru, paus bungkuk, atau paus kelabu yang sangat terancam populasinya, dilansir dari National Geographic, paus kepala kotak setidaknya masih berjumlah lumayan banyak di alam liar. Punya nama yang unik dan didaulat sebagai hewan yang punya otak terbesar di bumi, berikut 5 fakta menarik tentang paus kepala kotak.

1. Meyandang beberapa gelar 'terbesar'
Paus kepala kotak memiliki beberapa gelar 'terbesar' yang diantaranya terdiri dari pemilik otak terbesar dan predator dengan gigi terbesar. Jika manusia hanya memiliki bobot 3 kg pada otaknya paus kepala kotak memiliki otak seberat 17 kg. Selain itu paus ini juga dikenal sebagai predator dengan gigi terbesar meskipun gigi runcingnya hanya tumbuh dibagian rahang bawahnya. 


2. Tubuh besar dan umur yang panjang
Dilansir dari scubadiving.com paus kepala kotak bisa tumbuh hingga panjangnya 20 meter dengan berat 45 ton. Bayi paus kepala kotak lahir dengan rata-rata berat 1 ton dan panjang 4 meter. Untuk masa hidupnya paus kepala kotak dapat bertahan hingga usia 70 tahun dan berenang di menjelajahi laut ke berbagai belahan dunia. 


3. Paus kepala kotak dan makanan jumbonya
Tubuh yang besar membuat paus kepala kotak membutuhkan asupan makanan yang ekstra. Mereka menyukai cumi-cumi bahkan giant squid adalah salah satu santapan favorit mereka. Paus kepala kotak rela berenang ke laut terdalam demi mendapat giant squid. Paus kepala kotak dapat menyelam hingga kedalaman lebih dari 900 meter. 


4. Lapisan lilin yang jadi awal mula nama paus kepala kotak
Nama lain paus kepala kotak adalah sperm whale yang berasal dari cairan putih yang dapat berubah menjadi lapisan lilin di atas kepala paus. Ini merupakan bahan perbincangan para ilmuwan hingga sekarang. Para pemburu menemukan cairan putih ini dan mengira bahwa itu memiliki peran reproduksi dan karenanya diberi nama spermaceti atau benih ikan paus seperti yang dilansir dari mentalfloss.com.


5. Perbedaan paus betina dan jantan
Selain dari ukurannya yang membuat betina lebih kecil daripada jantan, segi perilaku paus kepala kotak juga berbeda sesuai gendernya. Para pejantan dewasa hidup sendirian dan merasa kesepian karena mereka suka berpindah kelompok. Berbeda dengan betina yang lebih berjiwa sosial dan senang berkumpul bersama kawanannya. 

Paus yang biasa terdampar dengan kondisi perut terbelah dan membusuk tidak berbentuk ini disebabkan oleh banyaknya gas yang menumpuk selama proses dekomposisi. Jadi penasaran banget ya guys sama bentuk paus yang luar biasa besar ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad