Hobi Minum Kopi Ini yang akan Terjadi saat Anda Tidak Mengonsumsinya Selama 5 Hari - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Jumat, 17 Mei 2019

Hobi Minum Kopi Ini yang akan Terjadi saat Anda Tidak Mengonsumsinya Selama 5 Hari

1xinfo.net - Bagi orang yang hobi minum kopi berkafein, sehari tidak menyeruput secangkir kopi sepertinya ada yang kurang dan badan terasa begitu lemas. Ini tidak mengherankan bila Anda berada pada kondisi ini, karena tubuh Anda sudah kecanduan dan mau tidak mau Anda pun harus segera mengonsumsinya. Bila Anda salah satu penggemar kopi dengan porsi 2–3 cangkir per hari, apakah Anda pernah membayangkan jika seminggu tidak minum kopi? Dan apabila Anda penasaran dengan reaksi yang terjadi, yuk simak beberapa di antaranya berikut.

Ini yang Dapat Terjadi Bila Anda Mencoba Berhenti Minum Kopi dalam 5 Hari

Hari Pertama: Seperti Ngidam Secangkir Kopi Panas

Bila Anda hobi minum kopi dan sudah terbiasa, gejala di hari pertama ini sangat umum terjadi. Anda juga merasa tidak enak badan tanpa kopi. Yang ada dalam pikiran Anda adalah secangkir kopi hangat. Bila gejala ini mulai terasa, Anda dapat mengalihkan pikiran dengan menikmati secangkir chamomile tea yang secara alami bebas kafein untuk menghangatkan tubuh. Frances Largeman-Roth, RDN seorang ahli nutrisi dan penulis Eating in Color juga menyarankan Anda untuk makan potongan buah yang mengandung gula alami.

Dengan cara ini, Anda bisa mulai ‘terbangun’ untuk bisa cukup berkonsentrasi pada pekerjaan. Di sisa hari selanjutnya, Anda tidak merasa begitu lelah atau mengalami sakit kepala, seperti halnya efek samping karena tidak minum kafein. Atau mungkin, Anda masih belum terlalu kecanduan kafein. Namun jika biasanya Anda minum hingga 5 cangkir kopi bervolume 8 ons (lebih dari 400mg kafein per hari), bisa jadi gejala sakit kepala akan muncul.



Hari Kedua: Menjadi Sedikit Pemarah Akibat Efek Samping Tidak Minum Kopi

Bisa saja Anda mulai berpikir, ‘Kenapa orang-orang berjalan begitu lambat?’, atau ‘Kenapa orang itu bicara keras sekali?’, atau ‘Kenapa orang kantor bertingkah aneh hari ini?’ Anda merasa bila orang-orang di sekitar membuat Anda jengkel, bahkan untuk hal sepele. Mood Anda di pagi hari pun menjadi kacau karena tidak ada ‘suntikan’ kafein dari kopi yang biasa Anda nikmati.

Menurut Largeman-Roth, mudah marah dan kelelahan menjadi gejala umum saat Anda ingin berhenti minum kopi berkafein, sehingga bila Anda merasakan hal tersebut, itu berarti normal. Anda dapat mengatasinya dengan banyak minum air dan tidur dengan cukup. Biarpun di akhir hari Anda mungkin akan merasa lesu, namun Anda dapat mengatasinya dengan tidur sejenak di sela-sela waktu istirahat bila hal ini memungkinkan.




Hari Ketiga: Mulai Muncul Kelelahan

Di hari ketiga, Anda sudah bisa tidur dengan lebih mudah. Di hari ketiga ini pun Anda sebenarnya sudah sangat ingin untuk bisa minum kopi. Selain itu, Anda juga sudah mulai merasa kelelahan seperti baru melakukan aktivitas berat hingga Anda ingin tidur sepanjang hari, atau bahkan tidak dapat berkonsentrasi untuk melakukan apa pun. Tidur sejenak di siang hari bisa sangat membantu dan Anda akan terkejut karena setelah bangun, Anda seperti mendapat tenaga baru yang membuat Anda siap melakukan pekerjaan apa pun.



Hari Keempat: Bisa Tidur dengan Lebih Baik

Bila selama ini Anda punya masalah insomnia atau sulit tidur, Anda akan senang di hari keempat karena Anda bisa tidur dengan lebih baik. Di hari ini, Anda juga masih bisa meneruskan kebiasaan minum chamomile tea untuk menyegarkan dan menghangatkan tubuh Anda. Setelah bekerja seharian, Anda pun bisa lebih mudah tidur di malam hari.



Hari Kelima: Anda Mulai Merindukan Ritual Minum Kopi

Pada hari kelima, lidah Anda seperti ingin sekali menyeruput secangkir kopi di pagi hari. Tubuh Anda juga sudah mulai terbiasa tanpa kafein, sehingga perasaan tidak berenergi, bad mood dan sakit kepala sepertinya sudah tidak dipikirkan lagi. Yang Anda inginkan adalah makanan enak. Pada kondisi ini, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada cokelat.

Jika Anda hobi minum kopi dan ingin berhenti mengonsumsinya, Anda dapat melakukannya secara perlahan. Tidak peduli apakah Anda sudah kecanduan kafein atau belum, namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad