7 Tanda Makanan Sudah Tidak Layak Dikonsumsi Lagi - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Rabu, 15 Mei 2019

7 Tanda Makanan Sudah Tidak Layak Dikonsumsi Lagi

1xinfo.net - Saat membeli makanan terkadang orang tidak memperhatikan kapan makanan tersebut masih layak dikonsumsi atau memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Ini perlu diperhatikan karena makanan yang sudah tidak baik dikonsumsi atau sudah kedaluwarsa, bisa menyebabkan berbagai macam penyakit terutama keracunan makanan.

Selain itu, meskipun kamu sudah memperhatikan waktu kedaluwarsa makanan tersebut, namun sering juga terlupa bahwa makanan tersebut sudah tidak layak dikonsumsi karena terlalu lama disimpan. Atau mungkin ada juga beberapa makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa dan cukup sulit untuk mengetahuinya tanpa harus mencicipinya atau membuka kemasannya.

Sebenarnya hal ini bisa diakali untuk beberapa jenis makanan. Ada beberapa jenis makanan yang bisa memperlihatkan bahwa makanan tersebut sudah tidak layak dikonsumsi dengan menggunakan beberapa cara. Sehingga ketika kamu tahu bahwa makanan tersebut sudah kedaluwarsa, kamu bisa terhindar dari malapetaka seperti keracunan makanan.

Berikut ini rangkuman Bright Side, Jumat (10/5/2019) beberapa tanda makanan sudah tidak layak dikonsumsi lagi dan sebaiknya cepat dibuang.

Tanda Makanan Sudah Tak Layak Dikonsumsi

1. Susu
Susu yang baik dikonsumsi adalah susu yang belum dibuka dari kemasannya, dan bisa bertahan hampir seminggu setelah tanggal jual pada kemasannya. Agar susu dapat bertahan lama dan tetap segar, kamu bisa menaruh susu di dalam kulkas dengan suhu kurang lebih 4 derajat celsius. Kemudian untuk susu yang sudah tidak layak dikonsumsi lagi, biasanya teksturnya akan berubah mengental atau tampak menggumpal.

2. Bumbu dapur
Ada beberapa bumbu dapur yang bisa bertahan lama jika disimpan. Contohnya kecap bisa bertahan selama 1 tahun jika tidak dibuka dan disimpan di rak dapur. Kemudian hanya akan bertahan sekitar 1 bulan jika sudah dibuka dan disimpan di lemari es. Jika kamu menemukan perubahan rasa pada bumbu seperti agak asam, maka cepatlah buang bumbu tersebut. Selain itu, bumbu dapur yang sudah tidak layak dikonsumsi juga akan berubah aromanya.

3. Semangka
Jika biji semangka bisa dikeluarkan dengan mudah dari dagingnya maka itu menandakan buah semangka sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Semangka yang tidak layak dikonsumsi juga biasanya akan berubah tekstur dagingnya seperti berpasir dan kering. Warna semangka yang tidak layak dikonsumsi juga akan berubah menjadi tidak segar atau pucat. Kemudian jika semangka mulai berlendir, berarti itu menandakan bahwa kamu harus segera membuangnya.

4. Daging sapi giling
Jika daging sapi giling yang kamu simpan berubah warnanya menjadi lebih kusam, tampak berlendir, dan mengeluarkan bau tidak sedap, maka daging sapi giling tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Kamu bisa menyimpan daging giling dalam lemari es selama 2 hari, atau membekukannya dan bisa bertahan selama beberapa bulan.

Tanda Makanan Tak Layak Dikonsumsi

5. Telur
Untuk mengecek apakah telur masih baik dikonsumsi, kamu bisa melakukan cara berikut. Sediakan gelas yang berisi air, kemudian masukkan telur kedalamnya. Jika telur tenggelam sepenuhnya, maka telur masih dalam kondisi baik. Jika telur agak mengapung, kamu perlu waspada. Jika telur mengapung sepenuhnya maka telur tersebut sudah tidak layak dikonsumsi lagi.

6. Yogurt
Yogurt bisa disimpan selama satu minggu di dalam lemari es, dengan catatan yogurt tersebut belum dibuka. Jika yogurt berubah warna, memiliki tekstur yang aneh, dan bau yang tidak sedap, sebaiknya buang saja. Terlebih jika tanda-tanda di atas muncul bersamaan dengan tempat yogurt yang ternyata juga rusak.

7. Salmon
Ikan salmon dan ikan lainnya bisa bertahan 2 hari jika di dalam lemari es. Kemudian bisa bertahan 2 sampai 3 bulan jika dibekukan. Namun jika kamu mendapati ikan salmon atau ikan lain ini mengalami perubahan dari aroma, tekstur, dan warna, sebaiknya segera kamu buang karena makanan ini sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad