10 Kota Paling Berbahaya di Dunia - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Rabu, 03 April 2019

10 Kota Paling Berbahaya di Dunia

1xinfo.net - Beberapa kota di dunia yang tercantum dalam daftar tahunan yang dirilis Dewan Keamanan Publik Meksiko ini mungkin bagi banyak orang tidak layak untuk dimasukkan ke dalam agenda kunjungan. Sebab, 50 kota yang masuk ke dalam daftar ini adalah kota-kota yang dianggap sebagai yang paling berbahaya dengan tingkat kriminalitas tertinggi. Dari 50 kota paling berbahaya itu, 42 kota berada di Amerika Selatan, kawasan yang masih terus berkutat dalam korupsi, perdagangan narkoba, dan kekerasan geng.


Berikut daftar  kota yang menempati peringkat 10 teratas dalam daftar ini. Kita mulai dengan posisi "juru kunci"


1. Los Cabos (Meksiko) 
Nah, kini sang pemuncak klasemen kota-kota paling berbahaya di dunia diduduki Los Cabos di Meksiko. Los Cabos adalah kota di ujung paling selatan Semenanjung Baja California, negara bagian Baja California Sur, Meksiko. Kota ini cukup menarik karena merupakan perpaduan antara gurun pasir yang bertemu samudera. 

Kondisi cuacanya yang hangat ditambah wisata memancing, berbagai resor yang nyaman, serta padang golf membuat Los Cabos menjadi salah satu destinasi wisata populer di Meksiko. 

Rata-rata lebih dari 2 juta orang wisatawan singgah di sini setiap tahun di mana separuhnya berasal dari Amerika Serikat. Sayangnya, gurita kartel narkoba membuat kota ini menjadi berbahaya dengan ratusan pembunuhan setiap tahunnya. 

Dengan penduduk hanya 328.245 orang, terdapat 365 pembunuhan di Los Cabos. Artinya dari 100.000 penduduk terjadi 111,33 kasus pembunuhan. Tahun lalu, Los Cabos juga menjadi kota paling berbahaya di dunia dan kota ini masih mempertahankan gelarnya tahun ini.


2. Caracas (Venezuela) 
Kota dengan nama resmi Santiago de Leon de Caracas ini merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Venezuela. Kota ini terletak di sepanjang sungai Guaire di sisi utara negeri itu dengan kondisi geografis yang mengikuti kontur Lembah Caracas yang sempit. 

Pusat kota yang disesaki bangunan berada di ketinggian 760 hingga 1.140 meter di atas permukaan laut, meski terdapat permukiman warga di tempat yang lebih tinggi. Kota ini sejak lama dianggap sebagai salah satu pusat kebudayaan, turisme, industri, dan ekonomi terpenting di Amerika Latin.

Namun, di sisi lain, kota ini juga menjadi runner-up kota paling berbahaya di dunia dengan ncatatan 111,19 kasus pembunuhan tiap 100.000 penduduk. Itu berarti di antara 3 jutaan penduduknya, sebanyak 3.387 orang menjadi korban pembunuhan setiap tahun.


3. Acapulco (Meksiko) 
Acapulco adalah sebuah kota pesisir Samudera Pasifik di negara bagian Guerrero, Meksiko yang berjarak 380 kilometer dari Miexico City. 

Acapulco adalah kota wisata pantai tertua di Meksiko dan mulai terkenal ketika menjadi daerah tujuan berlibur para bintang Hollywood pada 1940-an hingga 1960-an. 

Kini Acapulco masih menjadi kawasan dengan daya tarik wisata yang luar biasa meski sebagian wisatawan kini datang dari dalam negeri. Sayangnya di balik gemerlap industri wisata ini, Acapulco juga menjadi kota palig berbahaya nomor tiga di dunia. 

Dengan populasi 853.647 orang terdapat 910 kasus pembunuhan setiap tahun atau 106,53 pembunuhan untuk tiap 100.000 penduduk.


4. Natal (Brasil) 
Mendengar kata natal mungkin yang terbersit adalah serangkaian pesta, kegembiraan, atau kebahagiaan. 

Namun tak demikian dengan Natal, ibu kota negara bagian Rio Grande de Norte, Brasil. Kota ini didaulat sebagai kota paling berbagaya nomor empat di dunia. 

Di kota dengan penduduk sebanyak 1,34 juta jiwa itu tercatat rerata kasus pembunuhan adalah 102,56 tiap 100.000 penduduk. 

Artinya, setiap tahun rata-rata 1.378 orang tewas akibat pembunuhan yang disebabkan terutama akibat kekerasan antar-geng.


5. Tijuana (Meksiko) 
Tijuana adalah kota terbesar di negara bagian Baja California, Meksiko dan di seluruh semenanjung Baja California. 

Kota ini juga dikenal sebagai kawasan dengan pertumbuhan paling cepat di Meksiko sekaligus menjadi salah satu ousat industri di negara itu. 

Sayangnya kota ini juga dikenal denan kartel narkobanya yang amat brutal yang menjadikan Tijuana sebagai kota paling berbahaya kelima di dunia. 

Dengan populasi hampir 1,9 juta jiwa terdapat rata-rata 1.897 pembunuhan yang sebagian besar terkait dengan perdagangan narkoba. Dengan kata lain, di Tijuana terdapat 11,77 pembunuhan tiap 100.000 penduduk. 


6. La Paz (Meksiko) 
La Paz ini merupakan sebuah wilayah mungkin setingkat kabupaten di negara bagian Meksiko, Meksiko. 

La Paz terletak di jalur yang memisahkan antara Negara Bagian Meksiko dengan ibu kota Mexico City tetapi masih menjadi bagian dari kawasan Mexico City Raya. 

Daerah dengan penduduk 305.455 ribu jiwa ini menduduki peringkat keenam kota paling berbahaya di dunia dengan 84,79 pembunuhan per 100.000 orang. Berarti rata-rata setiap tahun 259 orang warga La Paz harus kehilangan nyawanya.


7. Fortaleza (Brasil) 
Fortaleza adalah ibu kota negara bagian Ceara, di wilayah timur laut Brasil dan terletak 2.285 kilometer dari ibu kota Brasilia. 

Pada 2013, Fortaleza menjadi kota paling kaya ke-12 di Brasil dengan GDP mencapai 21 miliar dolar AS. Kota ini juga menjadi area metropolitan terkaya ketiga di wilayah utara dan timur laut. 

Menurut Kementerian Parawisata Brasil, Fortaleza adalah tujuan wisata kedua yang paling diminati di Brasil sekaligus kota keempat yang paling banyak menerima wisatawan. 
Sayangnya, kota dengan berbagai prestasi mentereng ini juga tercatat menjadi kota paling berbahaya ketujuh di dunia. 

Kota ini mencatatkan 83,48 kasus pembunuhan per 100.000 penduduk. Artinya di antara 3,9 juta penduduknya terdapat 3.270 kasus pembunuhan setiap tahun.


8. Ciudad Victoria (Meksiko) 
Ciudad Victoria adalah ibu kota negara bagian Tamaulipas di wilayah timur laut Meksiko di kaki pegunungan Sierra Madre Oriental. 

Kota yang mendapatkan nama dari presiden pertama Meksiko, Guadalupe Victoria ini sudah menjadi ibu kota negara bagian sejak 1825. 

Meski menyimpan banyak potensi sejarah dan wisata, kota ini sayangnya juga diwarnai 83,32 kasus pembunuhan per 100.000 penduduk. 

Berarti setiap tahun di kota berpenduduk 361.078 jiwa itu rata-rata terjadi 301 kali pembunuhan.


9. Guayana ( Venezuela) 
Kota Guayana adalah sebuah kota di negara bagian Bolivar, Venezuela. 

Kota ini terbentang 40 kilometer sepanjang sisi selatan Sungai Orinoco. Secara resmi kota ini berdiri pada 1961 sebagai penggabungan kota lama San Felix dan kota yang lebih baru Puerto Ordaz.

Kota ini berpenduduk 906.879 orang, tetapi memiliki kasus pembunuhan sebanyak 728 kali selama setahun. 

Artinya, dari 100.000 penduduk kota ini, terjadi 80,28 kali pembunuhan. Fakta inilah yang menyebabkan Guayana menjadi kota paling berbahanya nomor sembilan di dunia. 


10. Belem ( Brasil) 
Belem adalah pelafalan dalam bahasa Portugis untuk Betlehem dan merupakan kota terbesar di negara bagian Para di wilayah utara negeri itu. 

Kota ini menjadi salah satu kota paling berbahaya dengan tingkat pembunuhan 71,38 per 100.000 warga. 

Artinya, dalam setahun di kota berpenduduk 2,4 juta jiwa itu terjadi 1,743 kali pembunuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad