5 Sungai Terpanjang di Indonesia - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 30 Maret 2019

5 Sungai Terpanjang di Indonesia

1xinfo.net - Indonesia memang negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam berlimpah, salah satunya adalah sungai. Sungai-sungai di Indonesia pun sangat banyak dan masing-masing memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya berbeda satu dengan lainnya. Ada beberapa sungai di Indonesia yang terkenal karena panjangnya yang melebihi panjang sungai-sungai normal di negara ini pada umumnya.


Sungai terpanjang di pulau Kalimantan, Sumatra, Jawa, Papua dan Sulawesi akan kami rangkum jadi satu. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai sungai terpanjang di Indonesia yang tak hanya unik karena panjangnya tetapi juga karena keindahannya.

Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia dan Letaknya :

1. Sungai Kapuas.
Nama Sungai Kapuas memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sungai ini menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang totalnya mencapai 1.143 km. Sungai ini terletak di Pulau Kalimantan, khususnya Provinsi Kalimantan Barat dengan mata airnya yang berasal dari Pegunungan Muller. Hilir dari Sungai Kapuas terletak di Selat Karimata.


2. Sungai Mahakam.
Sungai terpanjang di Indonesia yang selanjutnya adalah Sungai Mahakam. Dengan panjang total 920 km, sungai ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang nomor dua di Indonesia. Sama seperti Sungai Kapuas, sungai ini juga terletak di Pulau Kalimantan, yaitu di Provinsi Kalimantan Timur. Jika hilir Sungai Kapuas terletak di Selat Karimata, maka Sungai Mahakam memiliki hilir yang terletak di Selat Makasar.


3. Sungai Barito.
Tak hanya hutan, Kalimantan juga terkenal dengan sungai-sungai panjangnya. Sungai Barito yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia urutan ketiga juga terletak di Pulau Kalimantan. Sungai yang memiliki panjang 909 km ini melintasi dua wilayah provinsi yang berbeda, yaitu Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan. Sama seperti Sungai Kapuas, mata air dari Sungai Barito juga berasal dari Pegunungan Muller, dan hilirnya ada di Laut Jawa.


4. Sungai Batanghari.
Jika tiga sungai terpanjang di Indonesia sebelumnya terletak di Pulau Kalimantan, sungai terpanjang selanjutnya berada di wilayah Sumatera, lebih spesifiknya di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang yang ada di Pulau Sumatera dengan panjang keseluruhan badan sungainya mencapai 800 km. Mata air yang menjadi sumber perairan Sungai Batanghari adalah Gunung Rasan dan hilirnya terletak di Muara Sabak yang terletak di bagian timur wilayah Pulau Sumatera.


5. Sungai Musi.
Sungai terpanjang yang terletak di Indonesia nomor lima adalah Sungai Musi. Sungai ini terletak di pulau yang sama dengan Sungai Batanghari, yaitu di Pulau Sumatera. Namun, jika Sungai Batanghari terletak di wilayah Sumatera Barat hingga Jambi, maka Sungai Musi berlokasi di Provinsi Sumatera Selatan. Panjang total dari Sungai Musi yaitu 750 km. Mata air sungai ini sendiri berasal dari daerah Kepahiang, Bengkulu, sedangkan hilirnya ada di bagian timur wilayah Pulau Sumatera, khususnya di daerah Sungsang. Jika di Indonesia sungai ini menduduki peringkat kelima sebagai sungai terpanjang, maka di Sumatera Sungai Musi menjadi sungai terpanjang nomor dua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad