Perayaan Imlek, Ada Cerita Roh Jahat di Balik Uang dalam Angpao - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Selasa, 12 Februari 2019

Perayaan Imlek, Ada Cerita Roh Jahat di Balik Uang dalam Angpao

1xinfo.net - Setiap perayaan Imlek atau tahun baru China, tradisi berbagi angpao selalu dilakukan. Anak-anak sangat senang menerima hadiah tahun baru ini. Meskipun terlihat menyenangkan, namun ada kisah kelam di balik tradisi membagikan angpao ini.

Dalam buku "Chinese Auspicious Culture" terbitan Elex Media Komputindo yang mengungkap rahasia di balik mitos dan kepercayaan rakyat China menjelaskan, dahulu ada setan kecil yang tubuhnya kelam dan telapak tangannya pucat. Setan kecil ini selalu muncul pada Malam Tahun Baru China untuk mencelakakan orang. Setelah anak-anak tertidur, tangan setan kecil ini menyentuh kepala anak-anak itu. Kemudian anak-anak jatuh sakit dan tidak waras.

Diketahui setan kecil ini ketakutan dengan bungkusan koin berwarna merah. Cerita ini muncul berpuluh-puluh tahun lamanya, ketika sepasang suami istri Guan di kecamatan Jiaxing melahirkan seorang anak. Mereka sangat sayang dengan sang anak.

Satu malam di Malam Tahun Baru, sepasang suami istri itu takut untuk tidur. Mereka takut anaknya diganggu oleh setan kecil. Akhirnya mereka melakukan permainan, mereka membungkus delapan koin uang dengan kertas merah. Mereka meminta sang anak untuk membuka bungkusan uang, kemudian membungkusnya lagi.

Permainan itu berlangsung hingga anaknya tertidur. Pasangan itu lalu meletakkan sebungkus uang dengan kertas merah di samping si anak. Kemudian pasangan itu tertidur pulas karena kelelahan. Mereka berpikir kalau setan kecil itu tak datang.

Namun pikiran mereka salah. Setan kecil itu datang hendak memegang kepala si anak. Namun saat ingin menyentuh, tiba-tiba muncul cahaya dari tepi bantal. Setan itu berteriak dan lari.

Pasangan itu kemudian memberi tahu orang lain bahwa setan itu takut akan delapan koin yang dibungkus dengan amplop merah. Semua orang mengikutinya dan setan itu tidak muncul lagi. Mereka juga menamakan uang itu sebagai "uang penghancur setan". Tradisi dalam Imlek itu sampai sekarang dilakukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad