8 Robot Yang Mirip Makhluk Hidup Sesungguhnya - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Senin, 18 Februari 2019

8 Robot Yang Mirip Makhluk Hidup Sesungguhnya

1xinfo.net - Zaman modern saat ini udah makin canggih. Malah, bisa dibilang, kelewat canggih. Khususnya dalam penciptaan teknologi robot. Dulu, robot bergerak karena remote. Sekarang, zamannya robot yang mirip manusia, bahkan hewan. Robot enggak hanya canggih, tapi juga kreatif. Jadinya, robot-robot tersebut enggak cuma hebat, tapi juga punya keunikan.


Perkembangan robot saat ini udah memiliki kemampuan yang semakin mendekati kemampuan manusia atau hewan. Layaknya makhluk hidup, robot tersebut mampu ngenalin dan ngerespons suara, mampu berjalan, berlari, mengangkat beban, dan sebagainya. Kalau udah ngelihat mereka, mungkin timbul kekhawatiran dalam diri lo: jangan-jangan, suatu saat robot bakal menginvasi kehidupan.

Nah, inilah delapan robot yang kemampuannya mendekati makhluk hidup sesungguhnya. Yuk, simak!

1. Asuna
Via Istimewa
Jepang dikenal sebagai negara yang canggih dalam berinovasi di bidang teknologi, khususnya menciptakan robot. Pada 2014, seorang ahli robotik Jepang dari Universitas Osaka, Jepang, Profesor Hiroshi Ishiguro, bikin robot android ini dan sempat dia pamerin di Tokyo Designers Week. Meski belum dibekali AI, robot ini direncanain bakal memiliki sistem kecerdasan buatan sekitar 5—10 tahun ke depan.

Dilansir Dramafever, Asuna memiliki tekstur kulit yang menyerupai manusia. Bahkan, dia diciptakan dengan kemampuan nampilin mimik wajah sesuai dengan standar manusia pada umumnya. Matanya bisa berkedip dan pergerakan mulutnya terlihat natural. Semua ini dapat terwujud karena komposisi kulit dari bahan silikon dan rangkaian otot animatronic yang membekalinya.

2. Han
                                                                        Via Istimewa
Robot bernama Han ini didesain oleh Hanson Robotics. Robot yang menyerupai wajah manusia ini pun dilengkapi dengan komponen yang bernama Frubber, gabungan dari kata flesh dan rubber yang berarti daging dan karet. Han pertama kali dikenalin di ajang Global Sources Electronics Fair Hong Kong pada 2015.

Uniknya, robot cowok ini bisa berinteraksi dengan manusia. Dilansir Hans on Robotic, Han bisa mengidentifikasikan ekspresi, menggerakkan bola mata, bahkan, melakukan percakapan sederhana. Sayang, robot ini enggak sesempurna tubuh Asuna yang mirip manusia. Justru, robot ini enggak memiliki anggota tubuh selain kepala. Bayangin aja kalau lo ngobrol dengan kepala seseorang tanpa tubuh. Ditambah, ekspresinya yang agak menyeramkan karena benar-benar menirukan manusia.

3. Erica
Via Istimewa
Setelah menciptakan Asuna, Profesor Ishiguro kembali ngenalin robot android cantik yang semakin mirip dengan manusia. Robot yang diberi nama Erica ini berbeda dengan rancangan Ishiguro sebelumnya. Erica enggak hanya didesain layaknya cewek cantik, tapi juga memiliki kemampuan berbicara dengan bahasa tubuh.

Dilansir The Guardian, meski terlihat kaku, Erica terlihat mirip dengan manusia. Dia bisa berkedip, miringin kepala, punya mimik wajah yang mencerminkan emosi, gerakin bibir, serta ngelakuin bahasa tubuh saat bicara. Erica merupakan hasil kolaborasi antara Japan Science and Technology Agency dan Kyoto University.

4. Roachbot
Via Istimewa
Buat sebagian orang, kalau lihat kecoak pasti geli bahkan kabur. Namun, lain kalau lo lihat robot yang berbentuk serangga tersebut. Pasalnya, Roachbot bakal bikin lo kagum karena ada ilmuwan yang menciptakan robot yang benar-benar menyerupai kecoak bernama Roachbot. Gerakan Roachbot terlihat mirip dengan gerakan kecoak asli.

Robot ini merupakan robot serangga yang diciptakan untuk berbagai hal, termasuk ngejahilin teman lo yang takut kecoak. Roachbot dikembangin oleh Japan Trust Technologies pada awal 2012. Dilansir Gizmodo, baru-baru ini, Japan Trust Technologies berinovasi dengan membekalinya fitur baru yang bisa bikin robot kecoak ini dikendalikan dengan perangkat Apple.

5. Geminoid DK
Via Istimewa
Robot bernama Geminoid DK ini, bisa dibilang, lebih dari sekadar robot manusia biasa. Bahkan, dia diklaim menyerupai manusia tiruannya. Sama kayak Erica, robot humanoid ini merupakan kolaborasi antara salah satu perusahaan Jepang dan Universitas Osaka, yaitu (lagi-lagi) Profesor Ishiguro.

Geminoid DK merupakan tiruan dari seorang profesor asal Denmark, yaitu Professor Henrik Scharfe dari Universitas Aalborg. Kalau ngelihat robotnya, lo bakal ngelihat bahwa enggak hanya penampilan fisiknya yang mirip dengan aslinya. Tingkah laku dan kebiasaannya pun mampu ditirukan dengan sempurna oleh Geminoid DK.

6. Jia Jia
Via Istimewa
Enggak hanya Jepang yang canggih dengan teknologi robotnya. Tiongkok juga punya robot cantik yang bernama Jia Jia. Robot yang disebut “Robot Goddess” alias dewi robot ini memesona dan pandai bercakap-cakap. Bahkan, dia bisa melontarkan pujian kepada orang lain, persis seperti manusia. Saking miripnya, banyak orang mengira robot ini adalah seorang manusia karena dia terlihat seolah-olah mengembuskan napas.

Dilansir Express, robot humanoid ini diciptakan oleh tim insinyur robotika dari University of Science and Technology of China. Robot yang dibuat pada 2016 ini diklaim bisa mengambil alih pekerjaan manusia seperti bekerja di restoran, hotel, dan pekerjaan rumah tangga di masa depan. Canggihnya, Jia Jia memiliki kemampuan mengenali wajah dan memelajari sesuatu layaknya manusia. Meski belum bisa jalan sendiri, Jia Jia memiliki keterampilan bicara mengesankan yang membedakan dengan robot lainnya.

7. Robot Mamalia
Via Istimewa
Boston Dynamics dikenal sebagai perancang robot bipedal dan quadropedal yang dapat berjalan seperti makhluk hidup. Perusahaan yang sempat diakuisisi Google ini pernah mengguncang dunia karena robot mamalianya yang bernama Big Dog pada 2005. Pasalnya, robot tersebut kuat, tahan banting, dan mampu membawa beban berat.

Selain Big Dog, Boston Dynamic terus menciptakan robot mamalia. Berbagai robot dari Boston Dynamics memiliki kemampuan yang menakjubkan. Bahkan, robot ini bisa melakukan gerakan-gerakan yang mustahil dilakukan oleh sebuah robot. Dilansir The Guardian, sayangnya, robot kreasi mereka juga mengundang kontra. Pasalnya, kemampuan robot mereka yang terlalu tinggi yang disebut terlalu mirip dengan makhluk hidup sesungguhnya. Bisa dibilang, prestasi mereka bakal jadi bumerang perusahaan tersebut.

8. Sophia
Via Istimewa
Sophia merupakan robot ciptaan David Hanson, pendiri perusahaan produsen robot yang berbasis di Hong Kong, Hanson Robotics. Hanson Robotics udah memproduksi banyak robot humanoid, salah satunya Han, robot kepala manusia. Uniknya, Sophia sengaja dibuat Hanson mirip dengan selebritas legendaris, Audrey Hepburn.

Sophia dibuat benar-benar mirip manusia. Hanson bikin banyak robot humanoid karena menginginkan manusia hidup berdampingan dengan robot. Namun, Sophia sendiri pernah mengatakan bahwa dia akan menghancurkan manusia. Menariknya, beberapa waktu lalu, robot Sophia dan Han yang sama-sama buatan Hanson adu kemampuan debat.

Baru-baru ini, Sophia diberi status kewarganegaraan oleh Kerajaan Arab Saudi. Dilansir Forbes, negara tersebut jadi negara pertama di dunia yang memberikan sebuah robot status kenegaraan yang setara dengan manusia. Hal itu dilakukan dalam sebuah program di Future Investment Initiative, acara pertemuan yang menghubungkan orang-orang Arab Saudi dengan para ilmuwan yang berharap membentuk masa depan.

***

Robot dengan kemampuan seperti makhluk hidup tersebut diharapkan suatu saat dapat membantu berbagai hal pekerjaan manusia. Namun, kalau digunakan dengan ambisi, bisa-bisa robot menguasai dunia dan mengancam kehidupan manusia. Menurut lo sendiri, dengan kehadiran robot-robot yang menyerupai makhluk hidup, apa yang bakal terjadi dengan dunia ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad