15 Lukisan Yang Tidak Kalah Keren Dari Foto Kamera - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Sabtu, 09 Februari 2019

15 Lukisan Yang Tidak Kalah Keren Dari Foto Kamera

1xinfo.net - Pada perayaan Imlek, beberapa rumah warga Tionghoa dipasang sebuah foto jenderal perang di depan pintu. Banyak yang percaya jika memasang foto jenderal-jenderal ini, maka rumah tersebut akan dipenuhi keberkahan dan dijauhi roh jahat. Kini, kebiasaan ini masih terus dilakukan dan menjadi hal paling penting dalam Perayaan Musim Semi.


Dalam buku "Chinese Auspicious Culture" terbitan Elex Media Komputindo yang mengungkap rahasia di balik mitos dan kepercayaan rakyat China dijelaskan, ada beberapa jenderal tangguh yang menjadi simbol perlindungan. Mereka melindungi masyaratakat dari roh jahat.

Lalu, dari mana asal-usul menempelkan gambar jenderal di pintu yang biasanya terlihat saat perayaan Imlek?

1. Kepercayaan Ketangguhan Pejuang Kuno
Selama Dinasti Han, potret pejuang kuno Cheng Qing dipilih sebagai dewa pintu. Namun gambar ini kemudian diganti dengan potret sepasang jenderal legendaris, Shen Tu dan Yu Lei. Mereka terkenal melawan dan menangkap hantu jahat pada masa dinasti Utara dan Selatan.


2. Munculnya Jenderal Qin Qiong dan Yuchi Giong
Merdeka.com - Selama Dinasti Tang, Shen Tu dan Yu Lei digantikan oleh Jenderal Qin Qiong dan Yuchi Giong. Kisah mereka berawal saat Raja Naga diganggu oleh roh menterinya, Wei Zheng. Saat itu, roh Wei Zheng mengganggu Raja Naga. 

Raja Naga semakin tak berdaya. Qin Qiong dan Yuchi Giong kemudian muncul menggunakan seragam militer dan menjaga gerbang Istana. Kemudian ratapan berhenti. Kaisar merasa lega. Namun tetap tak tenang dengan kesejahteraan para jenderal lainnya. 

Maka dari itu, Raja Naga memerintahkan seniman Istana untuk membuat potret kedua jenderal dan menempelkannya di sisi gerbang Istana. Sampai sekarang, mereka masih ditugaskan menjaga pintu. Di beberapa tempat, mereka dikenal sebagai Jenderal Muka Putih dan Jenderal Muka Merah.


3. Cerita Tentang Jenderal Pelindung Lainnya
Di antara penangkap hantu lainnya, Zhong Kui bahkan dikenal sebagai penangkap dan memakan hantu. Setelah itu, potret pejabat militer terkenal seperti Zhao Yun dan Yue Fei dipilih juga sebagai dewa pintu. 

Ada juga pejabat sipil yang menjaga pintu lain, biasanya disebut "Lima Berkat Turun ke Rumah" atau "Mengantar Nasib Baik dan Kebahagiaan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad