5 Fakta Tersembunyi Kentang yang Membantu Hidupmu Lebih Mudah - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 31 Januari 2019

5 Fakta Tersembunyi Kentang yang Membantu Hidupmu Lebih Mudah

1xinfo.net - Kentang, salah satu pangan sumber karbohidrat ini sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Di balik segudang manfaatnya sebagai makanan, ternyata kentang memiliki fungsi serbaguna yang selama ini tak diketahui banyak orang.

Seperti manfaat kentang berikut yang membuat hidupmu lebih mudah. Yuk, intip informasinya!

1. Mengatasi mata panda
Buat kamu yang suka begadang, munculnya kantung mata dan area hitam di bawah mata seringkali mengganggu penampilan. Selama ini orang banyak yang menggunakan mentimun untuk menyegarkan area tersebut. Padahal sebenarnya kentang jauh lebih efektif, lho!

Kentang yang kaya akan Vitamin C dan enzim bekerja efektif memelihara peremajaan kulit. Caranya sangat mudah. Parut kentang, kemudian lapisi dengan kain hingga kelura sari patinya. Oleskan sari pati kentang pada area mata yang menghitam. Lakukan secara rutin agar hasilnya terlihat.

2. Pengobatan alami
Dikenal sebagai makanan yang kaya akan karbohidrat, faktanya kentang juga memiliki khasiat sebagai obat alternatif. Teksturnya dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang mengganggu. Selain itu, bisa juga dengan membalurkan patutan kentang pada area yang memar.

Perlu diperhatikan, agar khasiatnya lebih ampuh disarankan agar kentang diproses dengan cara merebus ataupun mengukusnya. Menggoreng kentang tidak diajurkan karena kandungan minyaknya justru tidak baik bagi pencernaan.


3. Penghilang karat
Punya perabotan yang berkarat maupun berkerak? Tak perlu menggunakan bahan kimia yang belum tentu membersihkan secara maksimal. Gunakan kentang untuk mengatasinya. Kentang ternyata mengandung zat asam oxalid acid yang dapat menghilangkan karat.

Potong kentang menjadi dua bagian. Aplikasikan bagian kentang pada area yang berkarat. Gosok secara merata dan diamkan selama lima menit. Atau bisa juga menggunakan air rebusan kentang dan rendam selama 20 menit.

4. Pengganti semir sepatu
Sepatu kusam dan semir sepatu habis bukan halanga buat sepatu kamu jadi mengilap. Bahkan sepatu yang kusam bisa disulap menjadi baru dengan memanfaatkan kentang. Bagaimana caranya?

Kupas kentang menjadi dua bagian dan gosoklah ke sepatu selama beberapa menit. Usap kembali hingga tidak ada kentang yang tersisa di bagian sepatu. Jangan kaget jika sepatumu seketika kilap.

5. Pengganti lem
Memanfaatkan kentang sebagai lem mungkin belum lumrah bagi sebagian orang. Tapi faktanya, lem yang terbuat kentang memiliki kerekatan yang tinggi dibandingkan lem di pasaran. Haluskan kentang dan lelehkan hingga mencair. Jika sudah cair, angkat dan dinginkan. Lem kentang sudah bisa digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad