Bentuknya serupa, 5 makanan ini punya nama berbeda di berbagai daerah - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 25 Desember 2018

Bentuknya serupa, 5 makanan ini punya nama berbeda di berbagai daerah

1xinfo.net - Indonesia memang memiliki kekayaan kuliner. Setiap daerah bahkan memiliki setidaknya lebih dari satu jenis makanan khas yang unik. Bahkan, setiap orang yang melakukan perjalanan di suatu daerah tertentu, tak lengkap rasanya bila tak mencicipi kuliner khas daerah tersebut.

Di balik cerita keberagaman kuliner di Indonesia, ternyata ada hal unik yang masih jarang diketahui orang. Salah satunya adalah satu makanan yang memiliki banyak nama setiap daerahnya. Meski memiliki bentuk serupa, bahan pembuat, hingga cara pembuatan yang sama, perbedaan nama makanan di setiap daerah itu karena beragam faktor. Di antaranya mitos cerita dari leluhur zaman dahulu dan kepercayaan setiap daerah.

Namun meski berbeda nama, makanan ini tetap lezat dinikmati. Bahkan disukai semua kalangan. Penasaran? Yuk intip makanan-makanan yang berbeda namanya di berbagai daerah yang di lansir dari berbagai sumber, Kamis (1/2).

1. Klepon.
foto: oreobubukasli.com

Kamu pasti tak asing lagi dengan kue yang dilumeri parutan kelapa dan berisikan gula merah yang manisnya menggoda. Makanan ini memang dikenal dengan nama klepon pada umumnya, namun ternyata di Sumatera disebut onde-onde lho.

2. Es cendol.
foto: bukuresep.net

Minuman pelepas dahaga di kala kehausan ini memang menyegarkan banget. Selain minumannya yang manis dengan campuran cendolnya yang kenyal, minuman ini sangat mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan. Namun ternyata di beberapa daerah seperti Jawa Timur dan Yogyakarta menyebutnya es dawet lho.

3. Pecel ayam.
foto: okekuliner.blogspot.com

Di pinggir jalanan kota, kamu pasti sering menemukan warung pecel lele yang menjual beragam menu seperti ayam, lele, ikan nila, hingga tahu tempe. Di beberapa daerah ternyata bukan menyebutnya pecel ayam lho, melainkan penyetan ayam.

4. Bakwan.
foto: merdeka.com

Makanan ini khas banget dengan pedagang gorengan di pinggir jalan. Makanan dengan bahan dasar tepung dan sayuran ini dikenal dengan nama bakwan. Namun untuk beberapa daerah namanya bukan bakwan lho, di Bandung makanan ini disebut bala-bala, di Surabaya dinamakan ote-ote, hingga di Malang disebut weci.

5. Pastel.
foto: masakan-minang.blogspot.co.id

Pastel sendiri biasanya berisikan sayuran, ayam, hingga telur. Cita rasa renyah karena pada pinggiran pastel memang disukai banyak orang. Tapi tahukah kamu kalau di daerah Makassar, makanan ini disebut jalang kote.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad