Jangan Gengsi ya Guys, Ini 5 Manfaat Baik Makan Langsung dengan Tangan! - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Rabu, 14 November 2018

Jangan Gengsi ya Guys, Ini 5 Manfaat Baik Makan Langsung dengan Tangan!

1xinfo.net - Makan langsung dengan tangan bukan hal baru di Indonesia. Cara makan ini sebenarnya telah ada sejak ribuan tahun lalu dan menjadi tradisi di beberapa negara. Bukan sekadar tradisi, makan menggunakan tangan ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan lho. 

Menurut Ayurveda atau ilmu kesehatan asli India, setiap ujung jari yang kita miliki melambangkan masing-masing elemen. Ibu jari berhubungan dengan ruang kosong, jari telunjuk merujuk pada udara, jari manis berhubungan dengan bumi, jari tengah merujuk pada api, sedangkan jari kelingking adalah air. 

Hal ini berkaitan dengan keseimbangan energi yang ditimbulkan saat kita makan langsung dengan tangan. Secara umum, lima manfaat di bawah ini bisa didapatkan hanya saat makan menggunakan jari-jari.

1. Melancarkan pencernaan
Ada bakteri alami yang menempel di beberapa bagian tubuh, seperti tenggorokan, mulut, usus, dan tangan. Bakteri baik ini yang juga menghalau substansi serta virus jahat masuk ke dalam tubuh. 

Selain itu, bakteri tersebut juga bisa berfungsi merangsang sistem pencernaan jadi lebih lancar dan bekerja optimal. Meski begitu, pastikan kamu membasuh tangan dengan benar sebelum mulai makan ya, supaya terhindar dari bakteri dan virus penyebab penyakit, seperti diare.

2. Mencegah mulut terbakar karena makanan terlalu panas
Makan dengan tangan juga bisa jadi sensor suhu alami. Ketika menyantap hidangan panas menggunakan sendok atau alat makan lainnya, kita gak bisa mengira-ngira berapa suhunya. Berbeda saat menyentuh langsung makanan dengan jari-jari. Sehingga kita bisa terhindar dari sensasi mulut dan lidah terbakar akibat makanan panas.

3. Meningkatkan sirkulasi darah
Gerakan konsisten yang ditimbulkan jari dan tangan saat makan ternyata bisa memicu sirkulasi darah supaya lebih lancar. Meski gerakannya kecil, tapi otot-otot di jari dan tangan dapat memompa aliran darah secara alami.

4. Mengurangi risiko diabetes
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan jurnal Clinical Nutrition, penderita diabetes tipe 2 cenderung makan lebih cepat dengan bantuan sendok dan garpu. Sedangkan, proses makan yang cepat dapat memicu ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh.

Sebaliknya, makan dengan tangan akan membantumu makan lebih perlahan dengan porsi yang tak terlalu banyak dalam sekali suap. Dengan begitu, lonjakan gula darah bisa dikontrol.

5. Membantu dalam penurunan berat badan
Masih berhubungan dengan poin keempat, makan dengan perlahan dan proses mengunyah yang lebih lama akan membuatmu cenderung cepat kenyang. Walaupun makanan yang kita konsumsi sebetulnya tak terlalu banyak. Dengan begitu, keinginan ngemil pun bisa ditekan dan berimbas pada penurunan berat badan .

Menurut kamu, makanan apa yang paling enak kalau dimakan dengan tangan daripada sendok dan garpu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad