7 Kue Tradisional yang Dibungkus Daun Pisang - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Minggu, 11 November 2018

7 Kue Tradisional yang Dibungkus Daun Pisang

1xinfo.net - Daun pisang banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus mau pun wadah untuk sejumlah jenis makanan tradisional di Indonesia. Selain agar bentuknya rapi, daun pisang akan memberikan aroma wangi yang khas dan menjadikan suatu makanan makin sedap.

Tujuh kue tradisional di bawah ini merupakan sebagian kecil contohnya. Jika daun pisang digantikan dengan pembungkus lain, seperti wadah aluminium atau plastik, rasanya bakal berbeda.

1. Lemper
Lemper terbuat dari beras ketan dan santan dengan suwiran ayam gurih manis sebagai isiannya. Beras ketan dikepal dan dibungkus menggunakan daun pisang. Biasanya ada dua macam lemper berdasarkan cara pengolahaannya, yakni yang dikukus dan dibakar. 

2. Lalampa
Ini merupakan kue khas Manado, Sulawesi Utara. Lalampa secara umum mirip dengan lemper, bedanya isiannya gak menggunakan ayam, tetapi ikan tongkol. Di samping itu, yang membedakan hanya bentuknya. Jika lemper cenderung persegi, lalampa berbentuk lonjong memanjang dengan diameter yang tak terlalu besar.

3. Arem-arem
Kalau ingin makan berat dengan cara yang praktis, arem-arem bisa jadi pilihan tepat. Secara tekstur, makanan ini mirip lontong karena terbuat dari beras yang dikukus. Bedanya, arem-arem dimasak bersama santan dan diberi isian berupa sambal goreng ayam serta sayuran. Gurihnya nasi dan santan serasi dengan rasa sedikit pedas dari sambal goreng.

4. Nagasari
Jika tiga makanan di atas rasanya cenderung gurih, nagasari punya sentuhan gurih dan manis dalam satu hidangan. Nagasari terbuat dari adonan tepung beras, tepung sagu, santan, serta gula, dengan tambahan potongan pisang di tengahnya. Campuran tersebut dibalut dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang.

5. Carang gesing
Makanan khas Solo, Jawa Tengah ini bernama carang gesing. Ada juga yang menyebutnya sebagai bongko. Kue basah ini terbuat dari bahan dasar pisang dan santan yang dikukus dalam daun pisang. Tapi carang gesing bisa dikreasikan dengan menambahkan bahan lain, seperti roti tawar.

6. Lemet singkong
Sesuai namanya, lemet singkong berarti singkong yang dihaluskan. Setelah singkong diparut, kemudian dicampur bersama gula merah dan juga parutan kelapa, lalu dikukus. Kue ini bisa dengan mudah kita temukan di pasar tradisional atau tempat-tempat yang menjual jajan basah. 

7. Kue Bugis
Disebut kue Bugis karena memang merupakan makanan khas suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan. Bahan dan cara pembuatannya hampir mirip dengan nagasari, tetapi isiannya bukan pisang, melainkan parutan kelapa dan gula merah. Adonan tepung berasnya juga biasanya berwarna hijau, didapat dari pandan atau pewarna makanan biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad