6 Mitos di balik keindahan Alam Gunung Rinjani - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Selasa, 27 November 2018

6 Mitos di balik keindahan Alam Gunung Rinjani

1xinfo.net - Gunung Rinjani di Pulau Lombok memiliki pesona memukau, Sepanjang perjalanan menuju Gunung Rinjani menyuguhkan keindahan alam yang membelalakkan mata seperti danau, gua, hingga sumber mata air panas.

Namun tahukah kamu bahwa gunung dengan ketinggian 3726 mdpl ini juga menyimpan misteri yang justru membuat keindahan alamnya penuh pesan magis. Tak mengherankan bila akhirnya lahir mitos-mitos yang menyelimuti Gunung Rinjani.

Salah satu mitos tersebut adalah Gunung Rinjani dipercaya sebagai sumber kekuatan dan inspirasi bagi masyarakat Lombok. Karena itulah mereka selalu menjaga Gunung Rinjani agar tetap lestari. Ini juga berlaku bagi siapa pun yang mendaki gunung tersebut, sebagai wujud rasa hormat dan menghargai alam serta kepercayaan masyarakat setempat.

Nah, memangnya seperti apa mitos-mitos yang melingkupi Gunung Rinjani? Sebagaimana yang disaring dari berbagi sumber, Jumat (19/10), 

Berikut enam mitos unik gunung tertinggi kedua di Indonesia tersebut.

1. Mitos di balik keindahan Danau Segara Anak.
foto: shutterstock.com

Tak hanya keindahan pemandangan di puncak, Gunung Rinjani punya Danau Segara Anak yang populer. Konon danau ini menyimpan berbagai kekuatan dan misteri yang unik.

Danau Segara Anak ini dipercaya bisa memberikan satu peringatan agar kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Masyarakat setempat percaya setelah meninggalkan Danau Segara Anak, kamu bisa memiliki semangat baru.

Berbagai acara adat masyarakat setempat juga sering dilaksanakan di Danau Segara Anak. Konon di danau inilah kediaman tokoh legenda atau pewayangan Dewi Anjani, ibunda kera putih Hanoman, berkuasa meliputi seluruh Gunung Rinjani.


2. Mitos larangan berkeluh kesah dan memikirkan hal negatif.
foto: shutterstock.com

Sepanjang perjalanan, pendaki dilarang berkeluh kesah dan memikirkan hal negatif. Konon, musibah akan menimpa pendaki jika terlalu sering berpikiran buruk. Selama di alam yang masih terjaga ini, pendaki disarankan tetap berpikiran positif dan jangan mengeluh. Oleh karena itu, selalu jaga diri dan jangan berpikiran macam-macam ketika mendaki Gunung Rinjani, ya.


3. Sosok Dewi Anjani, sang penguasa Gunung Rinjani.
foto: shutterstock.com

Gunung Rinjani ini ternyata memiliki sosok 'penguasa' yang cantik yaitu Dewi Anjani. Sosok ini dipercaya sebagai ratu jin penjaga Gunung Rinjani. Menurut masyarakat setempat, Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tak diizinkan ayahnya menikah dengan pria pilihannya. Karena itu, Dewi Anjani menghilang di mata air yang bernama Mandala. Setelah itu, Dewi Anjani dikenal sebagai penguasa dunia gaib Gunung Rinjani.

Kisah Dewi Anjani ini menarik perhatian Febrian. Demi mencari pujaan hatinya, Adisty, si ganteng ini menjelajahi Gunung Rinjani. Dalam webseries terbarunya, Goresan Jejak 2, Febrian memelajari mitos Dewi Anjani dari orang lokal.

Bagi masyarakat Sasak Lombok, puncak Gunung Rinjani sebenarnya tak terdaki karena merupakan istana Dewi Anjani. Oleh karena itu, tempat tersebut tak bisa disentuh oleh makhluk lain seperti manusia.

Webseries Goresan Jejak 2 ini menyuguhkan kisah Febrian untuk bisa bertemu dengan Adisty. Tak hanya bikin baper, kisahnya juga sangat menarik lantaran menyuguhkan keindahan alam beserta kebudayaan di sudut-sudut Indonesia.

Nah, kamu juga bisa ikutan berpartisipasi lho. Merchandise kerajinan khas Indonesia dan hadiah menarik lainnya bisa kamu dapatkan dengan menjawab pertanyaan di kolom komentar Instagram @Indonesia_kaya. Tak lupa, sertakan juga tagar #GoresanJejak2.

Selain itu, ada juga kompetisi bikin video lho. Empat orang beruntung bisa mendapatkan kesempatan berlayar dengan cruise mewah ke Labuan Bajo. Ingin tahu detailnya? Kunjungi laman ini untuk informasi lebih lanjut. 


4. Aik Kalak, Tempat pemandian Adipati Surabaya, Raden Mas Jayengrana.
foto: shutterstock.com

Aik Kalak dalam bahasa setempat bisa diartikan sebagai air panas. Sumber mata air panas ini cocok sekali sebagai tempat istirahat bagi pendaki. Bagi masyarakat Gumi Sasak (Lombok) tempat ini konon dipercaya sebagai tempat pemandian Adipati Surabaya, Raden Mas Jayengrana. Sosok ini merupakan salah satu tokoh utama di pewayangan Lombok.


5. Goa Susu sebagai tempat menyempurnakan ilmu spiritual.
foto: allindonesiatourism.com

Tak hanya danau dan sumber mata air, Gunung Rinjani juga mempunyai goa yang punya mitos unik. Di Goa Susu, konon hanya orang tertentu dengan hati bersih yang bisa bertapa di tempat ini. Jika ingin menggunakan ilmu spiritual untuk kepentingan jahat, orang tersebut bisa langsung mati di dalam goa. Keunikan di goa ini adalah masyarakat setempat menggantungkan kain-kain putih untuk menjaga keasrian Goa Susu.


6. Mitos larangan menginjakkan kaki di daerah tertentu.
foto: shutterstock.com

Gunung Rinjani memiliki beberapa tempat yang terkenal mistis dan penuh misteri. Konon, pendaki tidak boleh mengunjungi tempat-tempat tersebut. Hilang dan tewasnya pendaki sering dikaitkan oleh penduduk setempat karena mereka berusaha mengunjungi area terlarang tersebut. Oleh karena itu, sebelum mendaki, kamu harus memelajari dulu area terlarang dari masyarakat setempat.

Gimana keindahan dan kemagisan Gunung Rinjani justru bisa menambah wawasanmu terkait khazanah alam dan budaya Indonesia. Kalau bukan kita yang paham tentang negeri sendiri, siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad