5 Bandara Terkecil di Dunia, Yang Landasan Berada di Dekat Pantai - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Jumat, 23 November 2018

5 Bandara Terkecil di Dunia, Yang Landasan Berada di Dekat Pantai

1xinfo.net - Mungkin kamu sering mendengar bandara terbesar di dunia atau bandara dengan kualitas elit di dunia. Ya kan? Memang terdengar sangat menggiurkan jika bisa pergi ke sana. Kamu bisa merasakan fasilitas mewah, ruang tunggu yang nyaman, dan berbagai kelebihan lainnya.

Sebut saja bandara-bandara besar dengan kualitas nomor satu, seperti Bandara Changi di Singapura atau Incheon di Korea Selatan, pastinya selalu menjadi rujukan setiap pelancong untuk datang mengunjunginya. Biasanya pula, landasan pacu di bandara internasional pun panjangnya 1.200 sampai 4.200 meter.

Namun, pernahkah kamu membayangkan jika kamu ada di bandara terkecil di dunia? Kira-kira seperti apa fasilitasnya? Dan seberapa kecilkah bandara itu? Daripada penasaran, yuk simak rangkuman bandara terkecil di dunia, seperti dilansir dari businesstraveller.com, Kamis (1/11).

Berikut 5 Bandara Terkecil di Dunia

1. Bandara Barra, Skotlandia.
foto: wikipedia.org

Bandara Barra yang juga dikenal sebagai Bandar Udara Barra Eoligarry ini adalah bandara kecil yang terletak di teluk dangkal utara ujung pulau Barra, Skotlandia. Bandara ini unik, karena menjadi satu-satunya di dunia yang menggunakan pantai sebagai landasan pacunya. 

Sehingga jadwal penerbangannya pun bervariasi, tergantung dari kondisi ombak pantai. Jika gelombang pantai sedang tinggi, landasan ini bisa terendam air. Ukurannya pun terbilang sangat pendek, yaitu 680 meter.



2. Bandara Luang Prabang, Laos.
foto: luangprabangbackpackershostel.com

Laos ternyata memiliki salah satu bandara internasional terkecil di dunia. Landasan pacu bandara saat ini hanya 2.200 meter. Meski begitu, bandara ini mengalami ekspansi signifikan pada tahun 2012.

Bandara ini mampu menampung pesawat paling besar, kecuali Airbus 380. Bandara yang disebut bandara tersibuk kedua di dunia ini melayani penerbangan internasional ke Bangkok, Chiang Mai, Siem Reap, serta kota-kota lain.



3. Bandara Juancho E Yrausquin, Belanda.
foto: charismaticplanet.com

Bandara Juancho E Yrausquin terletak di Saba, yang merupakan pulau terkecil di Karibia, Belanda. Bandara ini cuma punya satu landasan pacu. Landasan ini merupakan landasan pacu terpendek di dunia, yaitu 400 meter. Bahkan kapal induk dan pesawat jet sampai dilarang menggunakannya karena terlalu kecil.

Satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan saat ini adalah Winair yang mengoperasikan penerbangan harian ke pulau-pulau terdekat, yakni Saint Martin dan Saint Eustatius. Penerbangan ke Saint Martin pun hanya memakan waktu 12 menit.



4. Bandar Udara Kota Morgantown, Amerika.
foto: wvpublic.org

Morgantown Municipal digunakan terutama untuk penerbangan umum tetapi juga dilayani oleh satu maskapai komersial yang menghubungkan kota ini dengan Clarksburg, West Virginia, dan Washington Dulles International Airport di Washington, DC. 

Tidak hanya ada parkir gratis, kopi gratis dan Wi-Fi, tetapi pelanggan juga dapat menikmati makan siang di restoran sambil menonton pesawat lepas landas dari landasan pacu sepanjang 1.585 meter.

Landasan pacu bandara ini tidak dapat menangani pesawat ukuran besar. Meski begitu permintaan telah diajukan kepada Federal Aviation Administration untuk memperpanjang landasan.



5. Bandara Internasional Moshoeshoe I, Lesotho.
foto: lestimes.com

Bandara ini terletak di Maseru, Lesotho, sebuah kerajaan di Afrika Selatan yang tertutup. Nama Moshoeshoe I diambil dari nama Raja Lesotho yang berkuasa pada tahun 1850-an.

Meski secara resmi disebut sebagai bandara internasional, satu-satunya penerbangan non-domestik bandara ini hanya ke kota Johannesburg dengan menggunakan maskapai South African Airways. Bandara ini terletak di ketinggian 1.630 meter. Dua landasan pacu yang dimiliki bandara ini panjangnya hanya 1.000 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad