Terungkap, ini Teori Fisika Jelaskan Nasi Cepat Basi di Rice Cooker - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Jumat, 12 Oktober 2018

Terungkap, ini Teori Fisika Jelaskan Nasi Cepat Basi di Rice Cooker

1xinfo.net - Mungkin bagi sebagian orang mengaduk nasi yang sudah matang di dalam rice cooker merupakan suatu keharusan. Banyak yang meyakini jika hal itu dilakukan untuk menjaga ketahanan nasi itu sendiri.

Pernyataan itu memang sudah seringkali didengar dan turun-menurun menjadi sebuah kebiasaan. Akan tetapi ketika meminta untuk menjelaskan teorinya, mungkin kamu hanya bisa berdiam diri karena tidak mengetahui asal-usulnya.

Rupanya mengaduk nasi yang sudah matang di dalam rice cooker bisa dijelaskan secara ilmiah melalui teori fisika. Hal ini seperti dijelaskan oleh Mikrajuddin Abdullah di akun Facebook pribadinya, Senin (6/9).

Mikrajuddin Abdullah sendiri merupakan seorang fisikawan Indonesia. Pria asal Dompu, Nusa Tenggara Barat ini bahkan tercatat sebagai dosen terbaik tingkat nasional pada tahun 2010 seperti di lihat di laman ITB.ac.id.

Menurut penjelasan profesor di ITB ini, nasi yang tidak diaduk akan lebih cepat basi karena saat nasi matang masih terdapat air yang terperangkap di antara butiran nasi. Sehingga air akan keluar melalui proses penguapan atau difusi dan prosesnya lama. Air yang terperangkap cukup lama dalam nasi itu dapat menyebabkan nasi cepat basi.

Namun jika nasi yang matang itu diaduk, maka akan membuat ruang kosong antara butiran nasi. Ruang kosong ini memudahkan air yang terperangkap di bagian dalam untuk menguap keluar. Maka demikian, jumlah air yang terperangkap dalam nasi berkurang dan nasi bisa awet lebih lama.

Postingan profesor yang mendalami ilmu nanomaterial ini rupanya menuai beragam komentar warganet. Tidak sedikit yang setuju dengan pernyataan dalam postingan itu. Ada juga yang mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad