10 Fakta Unik dan Menarik Negara China yang Sangat Mengejutkan - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Minggu, 07 Oktober 2018

10 Fakta Unik dan Menarik Negara China yang Sangat Mengejutkan

1xinfo.net - China atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau juga dikenal dengan nama Republik Rakyat Cina (RRC) adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur dengan ibukota bernama Beijing. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia dan juga luas wilayah yang besar sehingga menjadikannya negara ke 4 terbesar di dunia.


Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia yang mayoritas merupakan bangsa Tionghoa, China ternyata memiliki sejumlah fakta-fakta aneh dan unik yang mengejutkan. 
Berikut ini adalah 10 fakta tentang negara China yang bakal membuat kamu terkejut!

1. Zona waktu
Jika negara Indonesia memiliki tiga zona waktu, yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WIT (Waktu Indonesia Timur) dan WITA (Waktu Indonesia Tengah), berbeda halnya dengan negara China. Meskipun China memiliki wilayah yang lebih luas dari Indonesia, namun ternyata mereka hanya mempunyai zona waktu yang lebih sedikit. China hanya mempunyai satu zona waktu yaitu GMT+8 atau lebih dikenal dengan nama Beijing Time atau juga China Standard Time (CST). Hal ini merupakan suatu kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah China.


2. Virgin Boy Egg
Virgin Boy Egg merupakan salah satu kuliner ekstrem yang ada di China. Jika kamu memiliki nyali untuk mencoba kuliner yang aneh, makanan ini wajib banget untuk kamu coba. Telurnya memang telur biasa, hanya saja cara memasaknya yang tidak biasa. Virgin Boy Egg dimasak dengan menggunakan air kencing anak-anak yang di rebus selama seharian. Air kencing dipilih dari anak-anak yang masih virgin, utamanya anak usia di bawah 10 tahun. Air kencing yang digunakan untuk memasak Virgin Boy Egg dikumpulkan dari sekolah dasar di negara China, bahkan kuliner ini pun dianggap sebagai salah satu warisan budaya leluhur. Uniknya harga dari Virgin Egg Boy ini pun lebih mahal dibandingkan telur rebus biasa lainnya.


3. Berlibur bersamaan
Kondisi ini hampir sama seperti ketika musim mudik di Indonesia, di mana orang-orang ramai-ramai menghabiskan waktunya untuk pulang ke kampung halaman. Mayoritas warga China memilih liburan hampir di waktu yang sama dan momen yang sering dipilih untuk melakukan liburan yaitu saat perayaan tahun baru China atau Imlek. Pada tahun 2015 lalu menurut laporan dari CNN, saat perayaan tahun baru China sebanyak 2,8 miliar perjalanan dilakukan menggunakan transportasi umum. Maka tidak heran jika CNN menyebutnya sebagai sebuah migrasi terbesar di muka bumi saat itu.


4. Jalanan paling macet
Sebuah data mengejutkan terjadi di China, yaitu terjadi kemacetan dengan panjang sampai 62 miles di jalur Beijing-Tibet pada Agustus 2010 lalu. Hal tersebut mengakibatkan para pengendara mengantre hampir 12 hari atau 2 minggu terkena macet di jalanan. Penyebab kemacetan parah itu karena jumlah kendaraan yang melewati rute Beijing-Tibet melebihi daya tampung jalan raya tersebut.


5. Tegas terhadap koruptor
Jika di Indonesia orang yang terkena kasus korupsi bisa dengan enaknya dapat potongan masa tahanan bahkan bisa bebas dari jeratan hukum sama sekali. Berbeda halnya dengan di China, jika seseorang ketahuan melakukan korupsi jangan harap bisa hidup tenang dan selamat. Pemerintah China tidak segan menghukum mati para koruptor, tak jarang ada hukuman mati yang diadakan dalam satu bulan hingga beberapa kali.


6. Negara sekuler tapi banyak yang beragama
China adalah negara yang sekuler (bersifat duniawi atau kebendaan) dan juga menganut paham komunisme. Namun hal ini bukan berarti membuat warganya tidak beragama, dari sekian banyak penduduknya di antaranya memeluk agama Kristen. Tapi ada juga yang memeluk agama lain seperti Buddha, Khonghucu dan juga Islam. Tetapi sayangnya di China terkadang masih terjadi sebuah konflik yang mengakibatkan para pemeluk agama tertindas ataupun tersakiti.


7. Jarum pentul di kerah baju Tentara
Para Tentara di China terkenal dengan ketegasan dan juga komitmennya untuk membela negara hingga titik darah penghabisan. Loyalitas inilah yang membuat para Tentara di China selalu siap sedia untuk berperang dan menjaga negerinya. Salah satu sikap yang dimiliki oleh Tentara China adalah selalu berdiri tegap dan dagu selalu terangkat. Agar selalu tegap, para Tentara menyelipkan sebuah jarum pentul di kerah bajunya yang berfungsi untuk membuat mereka terlihat gagah dan sikap sempurna. Karena jika mereka menunduk sedikit saja akan tertusuk oleh jarum pentul tersebut.


8. Semua tiruan ada di China
Fakta yang berikut ini tampaknya sudah bukan sebuah rahasia lagi, karena semua orang di berbagai penjuru dunia pasti tahu dengan hal ini. Berbagai barang palsu bisa dengan mudahnya dijumpai di China, mulai dari perangkat elektronik palsu, aksesoris palsu, pakaian palsu dan masih banyak lagi yang lain. Barang-barang palsu tersebut harganya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan barang aslinya.


9. Gamer super adiktif
China juga dikenal dengan masyarakatnya yang mempunyai adiksi sangat tinggi terhadap game. Tak jarang seorang gamer di negara China mampu menghabiskan waktunya berhari-hari untuk bermain game di sebuah warung internet. Tidak jarang pula muncul sebuah kasus kematian seorang gamer dari China, akibat gamer tersebut kecapekan gara-gara bermain game selama berhari-hari secara nonstop. Mereka berhenti jika hanya untuk membeli makan atau pergi ke toilet.


10. Polisi gunakan angsa
Anjing pelacak biasanya digunakan untuk membantu investigasi suatu kejadian oleh berbagai pihak kepolisian di berbagai negara. Karena anjing memiliki indra penciuman yang sangat tajam untuk melacak dan mampu memberikan petunjuk lebih akurat. Namun polisi di China justru menggunakan hewan angsa. Angsa dianggap lebih memiliki sensitivitas terhadap suara yang lebih tajam daripada anjing. Para angsa ditugaskan di pos-pos penjagaan berfungsi ketika ada suara aneh seperti akan terjadinya pencurian, maka angsa akan berkotek dan memberikan sinyal pada para polisi di mana tempat kejadian itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad