Ini 5 Manfaat Ngemil Bagi Kesehatan Tubuh - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Senin, 03 September 2018

Ini 5 Manfaat Ngemil Bagi Kesehatan Tubuh

1xinfo.net - Siapa sih yang nggak suka ngemil? Kegiatan yang sering dilakukan saat senggang ini rasanya sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Bahkan tidak jarang kamu akan menyisihkan sebagian uang untuk membeli camilan.

Namun sering kali kegiatan menyantap camilan ini dianggap sebelah mata karena dinilai tidak memiliki manfaat bagi kesehatan. Bagi sebagian orang, camilan yang kebanyakan berupa makanan ringan ini penyebab naiknya berat badan.

Meski sering dipandang sebagai sesuatu yang negatif, ternyata ngemil juga mempunyai banyak manfaat lho. Tentunya manfaat-manfaat tersebut baik bagi kesehatan tubuh kamu.

Penasaran? Berikut 5 manfaat ngemil bagi kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/8).

1. Mengontrol nafsu makan.
foto: today.com

Kebiasaan ngemil ternyata dapat menghindarkan dari makan yang terlalu berlebih dan banyak. Hal ini karena, camilan membuat perut selalu penuh sehingga nafsu makan yang seharusnya ada akibat perut kosong pun berkurang. Selain itu, ngemil juga dapat mengontrol nafsu makan. Misalnya, dengan ngemil kacang-kacangan, buah atau puding yang kaya akan serat. Makanan kaya serat sendiri sangat bagus untuk ngemil karena bisa mengontrol nafsu makan yang berlebihan.


2. Meningkatkan kerja otak.
foto: bariatricfoodsource.com

Tidak hanya di kala senggang, ketika sedang mengerjakan tugas atau bekerja terkadang kamu akan melakukannya sambil ngemil. Nah kebiasaan ini ternyata mempunyai dampak positif, terutama jika kamu menyantap camilan yang kaya kan protein karena bisa membuat kinerja otak kamu jadi lebih aktif. Camilan yang kamu santap ketika bekerja dapat berubah menjadi energi yang membuat konsentrasi jadi lebih fokus.


3. Membangkitkan mood.
foto: bbcgoodfood.com

Ketika sedang merasa bete atau bad mood, biasanya sebagian orang akan memilih untuk melampiaskannya dengan mengonsumsi camilan. Umumnya camilan yang dipilih adalah makanan-makanan manis seperti kue, permen, cokelat, pancake dan lainnya. Nah ternyata ngemil makanan manis memang dapat membangkitkan mood kamu yang suram. Hal ini karena kandungan gula di dalamnya bisa menimbulkan rasa senang dalam tubuh. Tapi ingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan ya...


4. Menjaga gula darah stabil dan normal.
foto: superhealthykids.com

Kebiasaan ngemil ternyata dapat membantu kamu mengisi energi serta gula dalam darah ketika kamu sedang melakukan aktivitas berat yang dapat menguras kedua hal tersebut. Kebiasaan ini bahkan dapat membatu para penderita diabetes mellitus untuk menjaga gula darahnya tetap normal. Namun, bagi para penderita diabetes perlu dipastikan dulu bahwa camilan yang dikonsumsi adalah camilan yang sehat dan sebaiknya dikonsultasikan ke ahli gizi dan dokter.


5. Mencegah perut keroncongan.
foto: tastesbetterfromscratch.com

Pada dasarnya, perut harus terisi setiap emapat atau lima jam sekali. Sebab, ada atau tidaknya makanan di dalam perut, semua organ pencernaan akan terus bekerja. Tak mengherankan jika kamu akan mendengar suara keroncongan. Nah kebiasaan ngemil akan membuat perut selalu terisi, sehingga tidak ada lagi bunyi perut yang keras akibat keroncongan. Kamu bisa memakan kudapan sehat pada waktu-waktu tertentu seperti waktu menjelang makan siang serta waktu setelah makan siang menjelang makan malam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad