9 Pohon Tertua di Dunia, Saksi Bisu Peradaban Manusia - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Selasa, 18 September 2018

9 Pohon Tertua di Dunia, Saksi Bisu Peradaban Manusia

1xinfo.net - Pohon merupakan salah satu organisme yang memiliki kemampuan yang kuat dalam bertahan hidup di bumi. Karena pohon punya cara hidup yang meskipun satu bagian dari pohon itu mati, bagian lainnya masih terus berkembang dan mampu bertahan melawan parasit dan bakteri yang mematikan.

Seringkali pohon dianggap sebagai saksi bisu sejarah dan peradaban manusia dari zaman ke zaman sehingga di beberapa diantaranya dianggap sakral. 

Berikut pohon-pohon tersebut yang di lansir dari berbagai sumber.

1. Jomon Sugi-Yakushima, Jepang
Usia pohon ini diperkirakan bervariasi yaitu sekitar 2.500 - 7.000 tahun. Beberapa teori mengatakan usia pohon jomon sugi ini rata-rata berumur 5.000 tahun jika dilihat dari banyaknya lubang dan tonjolan yang terdapat pada pohon ini. Lingkar batang pohon ini sekitar 16,1 meter dan memiliki tinggi sekitar 30 meter. Tersedia dek kayu untuk melihat pohon ini dalam jarak 10 meter demi menjaga kelestariannya.

Cara pohon ini berdiri dan menutupi pohon di sekitarnya di anggap penduduk lokal sangat spiritual dan penuh akan kekuatan hidup, sehingga pohon ini dijadikan sebagai simbol dari pulau yakushima.


2. Hundred Horse-Chestnut, Italia
Pohon ini telah berumur sekitar 2000 hingga 3000 tahun dan terletak di gunung Etna, di mana gunung itu merupakan gunung merapi yang masih aktif hingga sekarang. Nama pohon ini memiliki arti "kastanye 100 kuda". Yang mana berasal dari sebuah legenda yang menyebutkan bahwa pohon ini mampu menampung 100 orang ksatria beserta kuda nya untuk berteduh di bawah pohon ini karena terjebak badai.


3. Jaya Sri Maha Bodhi, Sri Lanka
Pohon yang terletak di taman Mahamewna ini diketahui mulai ditanam pada 288 SM dan sekarang telah berumur 2.305 tahun. Diceritakan pohon ini merupakan tempat Sang Buddha mendapatkan 'pencerahan'.

Pada tahun 2014, pemerintah Sri Lanka melarang semua konstruksi dalam jarak 500 meter dari pohon ini demi menjaga kelestariannya.


4. The President, USA
Pohon yang memiliki sejarah panjang dan merupakan kebanggaan Pemerintahan AS ini telah hidup selama kurang lebih 3.200 tahun. Pohon ini berlokasi di Taman Nasional Sequoia, USA.

Memiliki cabang-cabang yang kokoh dan batang pohon yang besar dengan ketinggian 75 meter dan lebar batang pohon 8.2 meter membuatnya menjadi pohon dengan batang pohon terbesar kedua di USA. Hal ini menarik para fotografer di seluruh dunia untuk memotretnya atau melihat sekilas keindahannya.


5. El-Gran Abuelo, Chili
Berasal dari family Patagonian Cypress, pohon hijau yang berdiri tegak ini terletak di Taman Nasional Alerce Costero, Pegunungan Andes, Chili. Pohon ini telah tumbuh selama 3.646 tahun dan merupakan aset berharga bagi negaranya.

Dinamakan "abuelo" yang artinya adalah "kakek" dikarenakan pohon ini merupakan yang tertua di antara kelas keluarganya. Namun pada abad ke-19 dahan pohon ini banyak ditebang sehingga tidak diketahui berapa umur maksimum dari pohon ini.


6. Sarv-e Abarkuh-Yazd, Iran
Dianggap sebagai simbol sejarah oleh Negara Iran, pohon ini sudah ada sejak zaman perunggu dan merupakan pohon tertua di Asia.

Pohon yang berusia sekitar 4.000 - 5.000 tahun ini memiliki tinggi 25 meter dan lebar 18 meter. Semak-semak kecil yang ada pada pohon ini membuatnya terlihat rindang di banding pohon lain.

Legenda setempat mengatakan pohon ini ditanam oleh Zoroaster pada 2000 SM, meskipun hal itu belum dapat dibuktikan kebenarannya.


7. Llangernyw Yew-North Wales, UK
Hampir sama dengan pohon Sarv-e Abarkuh, pohon yang berada di desa Llangernyw, North Wales ini telah berumur sekitar 4.000 - 5.000 tahun. Meskipun akar pohon ini sendiri sudah hilang dan hanya meninggalkan cabang-cabang besar.

Pohon ini ditanam di pekarangan gereja yang konon geraja itu di tempati roh kuno "Angelystor", di mana roh ini akan menyebutkan nama-nama orang yang akan meninggal di tahun berikutnya.


8. Methuselah - California, USA
Pada awalnya, pohon yang di tanam di Hutan Nasional Inyo ini dianggap sebagai pohon tertua. Umurnya saat ini kurang lebih 4.850 tahun.

Meskipun keberadaan pohon ini tertutup untuk publik demi kelestarian dan keamanannya, penduduk lokal mengatakan nama pohon ini berasal dari figur Alkitab yang juga berumur panjang (969 tahun) bernama "methuselah" yang merupakan anak dari Henoch dan kakek Nuh.


9. The sisters, Libanon
Atau yang terkenal dengan sebutan "the sisters olive tree of noah" adalah 16 pohon zaitun yang diperkirakan berumur 5.000 - 6.000 tahun.

Kemungkinan ini merupakan pohon non-klonal tertua di dunia, meskipun untuk memastikannya bukanlah hal yang mudah. Lagi-lagi legenda mengatakan pohon ini merupakan pohon yang dahannya diterima Nuh dari burung merpati saat mencari daratan kering setelah banjir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad