3 Masjid ini berwarna pink dan paling megah di dunia, unik abis - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Senin, 17 September 2018

3 Masjid ini berwarna pink dan paling megah di dunia, unik abis

1xinfo.net - Masjid merupakan tempat peribadatan umat muslim. Bangunannya pun biasanya dominan dengan warna netral seperti putih, biru atau hijau. Ada juga yang diperindah dengan corak emas. Namun tidak demikian dengan beberapa masjid berikut ini. 

Masjid berikut ini dikenal dengan nama masjid pink. Sesuai dengan namanya, dekorasi keseluruhan masjid ini dominan dengan warna merah muda. Warna bangunannya berbeda dari kebanyakan masjid di dunia.

Berkat keindahannya, masjid-masjid tersebut kini bukan hanya sekedar menjadi rumah ibadah bagi umat muslim saja, namun juga menjadi tujuan wisata religi yang mampu menjadi ikon daerah. Nilai arsitektur yang indah dan keunikannya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Berikut ini 3 Masjid ini berwarna pink dan paling megah di dunia


1. Masjid Pink, Putrajaya, Malaysia.
Menempati lahan seluas 1,37 hektar, masjid pink ini dibangun pada tahun 1997. Masjid Pink di Putrajaya, Malaysia ini terdiri dari 4 lantai dan bisa menampung lebih kurang 15.000 jamaah.

Selain warna bangunannya yang unik, masjid ini juga memiliki gaya arsitektur yang menarik. Pada bagian kubahnya memadukan lukisan dan kaligrafi dengan apik. Membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona dengan keindahannya. Menara masjidnya sendiri rupanya terinspirasi dari desain masjid Sheikh Omar yang berada di Baghdad.

Selain sebagai tempat beribadah umat muslim, masjid pink ini juga terbuka untuk wisatawan umum. Area khusus untuk wisatawan berada di lantai bawah. Para turis diperbolehkan masuk sejauh beberapa meter untuk melihat keindahan interior masjid. Lebih dari itu tidak diperbolehkan karena sudah menjadi tempat khusus untuk beribadah.

2. Masjid pink Nasir al-Mulk di Shiraz, Iran.
Terletak di Shiraz, distrik selatan Gowad-e-Araban, Iran, masjid Nasir al-Mulk terkenal dengan keindahannya. Dilansir brilio.net dari Huffingtonpost, Nasir al-Mulk merupakan salah satu masjid terindah di dunia. Bahkan meski usianya sudah lebih dari 150 tahun, masjid ini tetap memukau mata.

Keindahannya terletak pada jendela-jendela kaca yang dipenuhi mosaik yang dapat memantulkan spektrum warna saat tertimpa cahaya matahari pagi. Membuat suasana dalam masjid terlihat semakin semarak dan sedap dipandang mata.

Masjid ini dibangun dari tahun 1876 sampai 1888 atas perintah Mirza Hasan Ali yang juga dikenal dengan nama Nasir al-Mulk, pemimpin Dinasti Qajar. Arsitek yang merancangnya adalah Mohammad Hasan-e-Memar dan Mohammad Reza Kshi-Saz-e-Sirazi. Masjid ini disebut juga sebagai Pink Mosque atau Masjid Pink karena banyaknya ubin berwarna pink.


3. Masjid Dimaukom, Filipina.
Di kota Datu Saudi Ampatuan, Maguindanao, Filipina Selatan, terdapat Masjid Dimaukom. Masjid satu ini sangat menonjol karena warna bangunannya yang seluruhnya berwarna pink. Mulai dari pink muda hingga pink mencolok, layaknya istana Barbie.

Nuansa merah muda tidak hanya terlihat pada dinding depan masjid, tapi juga hingga ke dalam masjid berwarna pink. Selain itu masjid ini juga menyimpan makna melambangkan perdamaian dan cinta. Yang lebih menarik, pembangunan masjid ini dilakukan oleh sukarelawan pekerja Kristen. Masjid ini juga menjadi lambang persatuan antar agama di kota tersebut.

Nama masjid Dimaukom sendiri diambil dari nama pendirinya yaitu Samsudin Dimaukom, yang merupakan Wali Kota Datu Saudi Ampatuan. Sedangkan, alasan dari pemilihan warna pink ini karena pink merupakan warna kesukaan Samsudin Dimaukom dan istrinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad