10 Monster Legendaris Dari Mitologi Yunani - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Selasa, 25 September 2018

10 Monster Legendaris Dari Mitologi Yunani

1xinfo.net - Sejauh mana kalian mengenal Yunani? Yunani disebut-sebut sebagai negara yang terkenal akan dewa-dewinya yang legendaris. Contohnya yakni Zeus, dewa penguasa Gunung Olympus sekaligus pemimpin pada dewa. Selain dewa dan dewi, dalam mitologi Yunani juga terdapat monster yang menjadi lawan atau teman dari pada dewa-dewi tersebut. 

Inilah dia 10 monster legendaris dan mengerikan dari mitologi Yunani.

1. Cerberus
Cerberus ini adalah monster yang sangat populer dalam mitologi Yunani. Saking populernya, monster ini muncul dalam film Harry Potter and the Philosopher's Stone di tahun 2001. Di film tersebut, anjing berkepala 3 itu diberi nama Fluffy. Di mitologi Yunani kuno, anjing berkepala 3 dikenal dengan nama Cerberus.

Bentuknya memang sama-sama anjing dan diberi tugas untuk menjaga pintu. Hanya saja, pintu yang dijaga oleh Cerberus adalah pintu gerbang neraka. Cerberus mencegah arwah-arwah dari neraka yang melewati Sungai Styx untuk kabur. Dengan 3 kepala anjing dan ekor berbentuk ular, Cerberus adalah peliharaan kesayangan Hades, dewa kematian dalam kepercayaan Yunani.


2. Minotaur
Jika sebelumnya sudah dijelaskan tentang manusia setengah kuda, Centaur, kini adalah giliran Minotaur. Wujud Minotaur adalah tubuh manusia dengan kepala banteng. Konon, Minotaur tinggal di dalam Labirin Cretan. Siapapun yang masuk, tersesat, dan bertemu Minotaur di dalam labirin, maka dipastikan orang tersebut akan mati dimakan oleh Minotaur.

Salah satu versi cerita mengenai Minotaur adalah, dirinya dikalahkan oleh seorang pria asal Athens (ibukota Yunani jaman dulu) yang bernama Theseus.Theseus yang masuk ke dalam labirin, menemukan Minotaur yang tengah tertidur lelap. Theseus dengan mudah menaklukan Minotaur dan memotong-motong tubuhnya.


3. Typhon
Termasuk dalam tiga besar monster legendaris serta mengerikan dalam mitologi Yunani kuno. Ketika ada bencana alam seperti gunung vulkanik meletus, maka orang-orang Yunani masa itu langsung membayangkan monster ini. Typhone mendapat julukan ayah dari segala monster, lahir dari Gaia (Bumi) dan Tartarus (Neraka).

Pernah bertarung sengit dengan Zeus, Typhon memiliki wujud raksasa yang sangat menakutkan. Separuh tubuh bagian atasnya menyerupai manusia, dengan tinggi yang setara bintang di langit. Keduanya tangannya membentang dari arah Timur dan Barat. Di bagian leher dan bahunya muncul ratusan kepala naga yang dapat menyemburkan api.


4. Hydra
Sulit rasanya untuk tidak memasukkan nama Hydra ke dalam daftar ini. Hydra adalah monster mengerikan dengan jumlah kepala yang sangat banyak. Tinggal di daerah air, monster satu ini sangat sulit untuk dibunuh. Legenda mengatakan, bila satu kepala Hydra dipotong, maka dari leher yang dipotong tersebut akan muncul 2 kepala dan begitu seterusnya.

Hydra memiliki senjata napas dan darah yang beracun. Siapapun yang menghirup napas Hydra dipastikan akan mati. Dan, siapapun yang menyentuh darahnya juga akan mati. Karena setiap kali kepala Hydra dipotong akan tumbuh 2, Heracles, setelah memotong salah satu kepala Hydra, ia membakar lehernya sehingga dari Hydra tidak bisa menumbuhkan kepalanya lagi. Dan itu ia lakukan berulang kali hingga kepala terakhir habis ia potong dan bakar.


5. Medusa
Di urutan teratas adalah Medusa atau yang biasa disebut juga dengan Gorgon. Medusa digambarkan sebagai sosok wanita mengerikan dengan rambut ular dan tubuh seperti ular pula. Bersenjatakan panah dan tatapannya yang mematikan. Siapa saja yang menatap kedua mata Medusa, tubuh akan berubah menjadi batu.

Medusa memiliki 2 saudara lain yakni Stheno dan Euriale. Namun Medusa yang paling cantik dan populer. Bertugas sebagai penjaga kuil Athena, Medusan malah menjalin hubungan asmara dengan Poseidon dan melakukan hubungan terlarang di dalamnya. Athena yang marah kemudian mengutuk Medusa sehingga dirinya menjadi seperti monster ular.


6. Centaur
Sebagai permulaan daftar adalah Centaur. Tak ada yang tak familiar dengan sosok monster separuh kuda separuh manusia, Centaur. Monster ini paling sering muncul dalam film atau serial televisi yang menceritakan tentang Yunani jaman dulu. Salah satunya adalah serial tv America yang populer di era 90an, Hercules: The Legendary Journeys.

Centaur memiliki tempat tinggal di daerah pegunungan dan hutan. Meski memiliki tubuh seperti monster, Centaur memiliki sifat yang baik. Centaur terkenal akan kebijaksanaannya. Dan Centaur juga lah yang menjadi guru bagi pahlawan dalam mitologi Yunani seperti Heracles dan Achilles. Centaur hidup secara berkelompok, membangun suku, rumah, dan berburu binatang untuk dimakan.


7. Sphinx
Makhluk selanjutnya yang akan dibahas adalah Sphinx. Sphinx dalam mitologi Yunani memiliki bentuk yang mirip dengan patung Sphinx yang ada di Mesir. Wujudnya adalah tubuh singa, memiliki sayap raksasa, dan kepala seorang wanita. Oleh orang Yunani, Sphinx digambarkan sebagai makhluk yang berbahaya, suka merusak, dan tak punya belas kasihan.

Sphinx memiliki kesukaan tinggi terhadap teka-teki. Siapapun yang bertemu dengan Sphinx, diharuskan untuk menjawab teka-teki yang diberikan olehnya. Bila tak bisa menjawab, mereka akan mati dengan cara dimakan. Salah satu orang yang berhasil memecahkan teka-teki yang diberikan oleh Sphinx adalah Oedipus. Setelah kalah, Sphinx yang diamuk amarah, melemparkan dirinya sendiri dari atas tebing. Di versi lain, Sphinx yang dibalut amarah, berubah menjadi gila.


8. Chimera
Bila kita melihat sosok hewan tidak jelas yang seperti gabungan dari beberapa hewan, mungkin ada di antara kalian yang menyebutnya dengan hybrid. Di jaman dulu di masa-masa teknologi masih belum ada, bila ada melihat sosok hewan seperti itu, langsung saja orang menyebutnya dengan monster. Dan, Chimera adalah salah satu monster yang cukup mengerikan karena dirinya merupakan gabungan dari beberapa hewan.

Chimera, adalah seekor monster yang mampu menyemburkan api dari mulutnya. Karena dirinya memiliki tiga kepala, maka ketiga mulut dari masing-masing kepala tersebut mampu menyemburkan api ke arah musuh. Ketiga kepala Chimera terdiri atas kepala singa, ular, dan kambing. Dulu, Chimera dianggap sebagai berkelamin perempuan dan dikatakan pula bahwa dari dirinya lah lahir Sphinx dan Singa Nemea.


9. Nemean Lion
Singa, dijuluki dengan raja hutan karena dirinya kuat, cepat, dan memiliki auman keras yang bisa membuat siapapun lari terbirit-birit begitu mendengarnya. Rata-rata singa bisa tumbuh hingga 2,9 m dan berbobot hingga 190 kg. Dengan sebesar ini, singa dapat dengan mudah menaklukan manusia apabila manusia tak membawa senjata.

Dalam mitologi Yunani, ada sosok monster yang memiliki wujud seperti singa, hanya saja dengan ukuran yang jauh lebih besar, Singa Nemea namanya. Sesuai dengan namanya, Singa Nemea hanya hidup di wilayah Nemea. Ukurannya sangat besar, dan tak ada senjata apapun yang bisa membunuhnya. Menurut cerita, Heracles mampu membunuh Singa Nemea dengan tangan kosong. Heracles kemudian menguliti Singa Nemea dengan menggunakan cakar si singa.


10. Charybdis dan Scylla
Ada yang mengatakan bahwa Charybidis dan Scylla adalah sosok yang sama. Nyatanya, Charybidis dan Scylla memang sama-sama monster penghuni lautan tapi berada di lokasi yang berbeda. Charybidis tinggal di bawah batu di sebuah selat kecil. Sedangkan Scylla berada di sisi lain dari selat sempit yang sama.

Sebuah frasa "Di antara Charybidis dan Scylla" digambarkan seperti orang yang terjebak di 2 kondisi yang sama berbahayanya. Bila Ada kapal yang melewati tempat tinggal Charybidis, maka kapal tersebut akan ditelan oleh Charybidis. Hal yang sama juga akan terjadi bagi kapal yang lewat dekat Scylla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad