Ragam Jenis Label Kedaluwarsa di Kemasan Makanan - info terbaru, terkini dan terpopuler | 1xinfo.net

Breaking

Home Top Ad

royalflush88

Post Top Ad

Jumat, 31 Agustus 2018

Ragam Jenis Label Kedaluwarsa di Kemasan Makanan

1xinfo.net - Hampir semua makanan dan minuman pada kemasannya dibubuhi dengan label tanggal kedaluwarsa. Label tersebut berkaitan dengan keamanan untuk mengonsumsi produk tersebut. Sayangnya, beberapa jenis label di kemasan membuat banyak orang salah kaprah memaknainya.

Bahkan banyak orang yang karena tak paham dengan arti labelnya, membuang makanan tersebut dengan percuma. Tidak semua dari tanggal tersebut adalah tanggal kadaluarsa yang berarti makanan harus segera dibuang lho. Atau ada juga yang tetap mengonsumsi melewati tanggal yang telah ditetapkan. Padahal ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

Apakah kamu salah satu orang yang masih bingung dengan arti label kedaluwarsa yang ada pada kemasan makanan? Jika iya, wajib banget menyimak ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber beriku ini nih, Minggu (12/8).

1. Best Before
Label ini lebih merujuk kepada jaminan perusahaan atas warna, rasa, kandungan nutrisi dan kualitas terbaik dari suatu produk. Best Before ini memberikan informasi kepada konsumen berapa lama rasa dan nutrisi dalam produk itu akan bertahan. Jadi Best Before tidak berhubungan dengan keamanan produk untuk dikonsumsi, tetapi lebih pada kualitas produk.

Label Best Before ini berfungsi untuk mengingatkan agar segera mengonsumsi produk tersebut sehingga rasa atau nutrisinya tidak berkurang dan tetap enak. Meski begitu, ada satu hal yang perlu diwaspadai nih guys.

Best Before tidak berlaku ketika bungkus makanan atau minuman sudah dibuka ya. Pasalnya, setelah bungkus dibuka, makanan bisa saja terkontaminasi bakteri dari udara. Selain itu, tanggal ini hanya berlaku apabila kamu mengikuti instruksi yang tertera, contohnya menyimpan produk tersebut dalam wadah tertutup atau tidak terkena matahari langsung.


2. Expired Date
Expired Date berhubungan dengan tanda keamanan bahan makanan dan minuman. Expired Date merupakan tanggal batas maksimal di mana produk aman disantap. Label ini menunjukkan tanggal terakhir produk tersebut boleh dikonsumsi.
Jadi jika melewati tanggal yang tercatat, produk tersebut tidak boleh dikonsumsi lagi. Produk yang telah melewati Expired Date biasanya akan mengalami perubahan pada rasa, warna, aroma, dan tekstur. Selain itu jika menyantap makanan atau minuman melebihi tanggal Expired Date sangat berbahaya buat kesehatan.


3. Sell By
Lebel Sell By merujuk pada batas akhir diperbolehkannya toko menyajikan dan menjual produk tersebut. Sayangnya, masih banyak toko yang tidak paham dengan makna label ini. Jadi kamu harus selalu teliti saat akan membeli makanan atau minuman ya. Pastikan kamu membeli sebelum tanggal yang tertulis pada label Sell By ini.


4. Use By
Tanggal yang tertera pada label Use By merupakan hari terakhir yang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman tersebut. Hal ini dikarenakan pada tanggal itu kualitas produk masih berada pada tingkat tertinggi.

Bila lewat dari tanggal dicantumkan maka kualitas produk akan menurun. Meski tanggal yang tertera sudah lewat, selama makanan disimpan dengan benar sesuai anjuran yang ada pada kemasan maka makanan ini masih aman dikonsumsi, walaupun dengan kualitas yang menurun. Tetapi jika ternyata ada perubahan bau atau rasa yang mencolok maka sebaiknya jangan mengonsumsi produk tersebut.

Label ini biasanya ada di telur, daging, dan ayam potong dalam kemasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad